Bandara Jambi Berambisi Jadi Bandara Internasional

0
119
Bandara Sultan Thaha Jambi

JAMBI, Bisniswisata.co.id: Bandara Sultan Thaha Jambi berambisi menjadi bandara internasional. Karena itu, berbagai langkah ditempuh dengan melakukan perpanjangan landasan pacu pesawat atau runway dari 2.220 meter ditambah menjadi 2.600 meter, yang mulai dikerjakan tahun 2018.

“Kita tahun ini akan melakukan perpanjangan landasan pacu (runway), sekarang ‘exiting; dari 2.220 meter menjadi 2.600 meter,” kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Yogi Prastyo Suwandi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Bisniswisata.co.id, Senin (12/02/2018).

Dilanjutkan, pengerjaan perpanjangan landasan pacu pesawat tersebut ditargetkan hingga akhir tahun 2019 atau sesuai dengan target penyelesaian pembangunan untuk perluasan terminal yang juga mulai dikerjakan tahun ini.

“Di bandara harus ada sertifikasi dari regulator sehingga nanti setelah fisik selesai masih ada tahapan-tahapan selanjutnya setelah dari segi fisik itu selesai,” katanya sambil enggan menyebut nilai investasi untuk perluasan landasan pacu.

Perpanjangan landasan pacu pesawat terbang dilakukan sebagai upaya persiapan bandara tersebut untuk menuju bandara internasional. Jika perpanjangan landasan pacu tersebut terealisasi, nantinya landasan itu sudah bisa melayani pesawat berbadan lebar sehingga bisa mendarat di bandara kebanggaan masyarakat Jambi itu.

Angkasa Pura II selaku operator Bandara Sultan Thaha Jambi juga telah menyelesaikan dua landasan penghubung antara landasan pacu dengan pelataran pesawat (taxiway), sehingga saat ini secara bersamaan bisa menampung 13 pesawat terbang. “Kalau taxiway sekarang sudah, kita ada penambahan dua ‘taxiway’ dan sekarang secara bersamaan bia 13 pesawat dari biasanya hanya gantian,” ungkapnya.

Setiap hari Bandara Sultan Thaha Jambi melayani 42 jadwal penerbangan domestik dari dan ke Jambi dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia. Ada tujuh maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya, Nam Air, Wings Air dan Susi Air. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY