BADUNG SOUL of BALI

0
114

BADUNG, bisniswisata.co.id,- SEBAGAI pintu masuk utama ke Bali, Badung telah tumbuh menjadi wilayah pinggiran kota besar yang menawarkan kemajemukan dalam budaya dan berbagai jenis fassilitass pariwisata unik, berorientasi dari pengembangan spiritual,  kesehatan hingga gaya hidup mewah. Tren  pariwisata digital dan nomaden membuka peluang Badung menyeimbangkan pertumbuhan Badung Selatan dan Utara.

Keseriusan Pemerintah Daerah Badung menjadikan kepariwisataan sebagai tulang punggung pembangunan daerah juga ditunjukkan dengan menjadikan ajang Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) sebagai salah satu event Pemkab Badung. Travel fair yang diinisiasi DPD Asita Bali di tahun 2018 diselenggaran pada 26 s.d 30 Juni. Tidak hanya sebagai penyandang dana, Badung pun sedang menyiapkan fasilitas gedung konfensi di pusat pemerintahan Badung.

Badung membentang dari Nusa Dua Selatan, Uluwatu, Jimbaran ke Seminyak, Canggu di pantai barat hingga Mengwi dan Plaga di bagian utara wilayah itu. Pariwisata adalah bagian penting dari mosaik pembangunan daerah  yang menjadikan Badung tidak hanya  sebagai tujuan wisata tetapi juga bisnis, investasi dan bermukim khususnya mereka para pensiunan.

Dengan tagline Badung the Soul of Bali — memproyeksikan tujuan kelas dunia – Badung menawarkan berlibur meraup pengalaman unik yang luar biasa. Untuk itu disiapkan jalan Tol Bali Mandara, infrastruktur sepanjang 12,7 km di atas laut dan hutan bakau menghubungkan Bandara Ngurah Rai ke Sanur dan Nusa Dua, sebagai pusat gaya hidup dan pariwisata kelas atas. Di ujung utara kabupaten, jembatan Tukad Bangkung, setinggi 71 meter, adalah salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara dan terpanjang di Bali. Di semenanjung selatan, Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 120 meter, landmark Bali ikonik baru, patung terbesar di dunia yang menyajikan atraksi wisata fantastis dan menarik perhatian semua orang.
Sebagai bagian dari komitmen menawarkan yang terbaik dari Bali, Kabupaten Badung menyediakan wisata kuliner dari restoran internasional kelas atas hingga tempat koki selebriti Indonesia dengan sajian menu autentik. Sepanjang jalan-jalan di Seminyak, Canggu dan Berawa,berjajar  butik-butik mode klas atas dan perlengkapan rumah tangga , toko-toko interior trendy yang tertata cantik.

Sejumlah tamu bisnis internasional yang bertumbuh pesat mengunjungi Badung berkat pengembangan sektor MICE kelas dunia, terutama di Nusa Dua. Setelah berhasil menjadi tuan rumah KTT APEC pada tahun 2013, kabupaten ini dengan bangga menyambut pertemuan IMF-Bank Dunia di tahun 2018 ini.

Dari Tebing ke Desa

Dari sisi alam, Badung menawarkan tebing pantai di semenanjung Bukit, Dreamland, Green Bowl, Nyang Nyang, Bingin, Tegal Wangi atau Padang-Padang adalah surga bagi pecinta pantai tropis dan peselancar top. Tidak ada tempat lain selain Badung menawarkan pertunjukan tari Kecak yang kuat dengan pemandangan laut di ketinggian tebing berlatar belakang matahari terbenam di balik baying megah  Pura Uluwatu.
Jauh di pedalaman Badung utara, adalah desa Plaga dengan sistem irigasi Subak yang indah. Air terjun Nungnung, salah satu air terjun di Badung Utara di mana sumber daya premium hortikultura, sayuran dan buah-buahan memungkinkan pengembangan agrowisata dengan Bongkasa Pertiwi dan Carangsari sebagai desa unggulan untuk ekowisata.
Warisan dan budaya merupakan bagian penting dari Badung sebagai Jiwa Bali. Karenanya Badung menawarkan kunjungan ke Pura Bukit Sari, di jantung Hutan Monyet Sangeh, Pura Uluwatu, Taman Ayun, dan Goa Gong —  tempat suci utama. Badung juga memiliki tradisi unik untuk dinikmati, seperti ritual Mekotek yang dipraktekkan di desa Munggu, perang Tipat Bantal di desa Kapal yang melambangkan harmoni antara energi pria dan wanita sebagai sumber kesuburan bagi alam dan manusia.
Mari eksplorasi wisata Badung the Soul of Bali untuk memperoleh pencerahan diri, peningkatan kualitas hidup Anda. *Dwi/BBTF

LEAVE A REPLY