Asyik, Melancong sambil Swafoto di Pantai Karang Bolong

0
322
Pantai Karang Bolong di Nusa Penida Bali (Foto: 15cm.ro)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Berwisata ke destinasi wisata yang unik, menarik dan eksotik memang asyik. Asyiknya karena melihat sesuatu yang berbeda, lain daripada lainnya sekaligus menggagumi kebesaran Ilahi yang menciptakan keindahan alamnya yang menakjubkan dan membuat kita terpesona. Destinasi itu karang bolong atau batu karang yang berlubang.

Keberadaan karang bolong ini, berada di tepi pantai dengan deburan ombak yang landai hingga menggelegar. Dan terbentuknya karang bolong, akibat diterjang ombak hingga membetuk lubang alami. Bahkan ada faktor alam lainnya akibat letusan gunung yang menyapu dinding karang hingga menimbulkan lubang besar, seperti Karang Bolong di Anyer Banten yang konon akibat letusan Gunung Krakatau.

Namun diluar faktor alam, tentunya ada yang beranggapan karena faktor X atau bernuansa mistis yang mempengaruhinya sehingga menimbulkan lubang besar dan menyembunyikan rahasia alam yang sulit dibuktikan. Apalagi keberadaan karang bolong yang paling banyak di Pantai Selatan Samudra Indonesia, selalu dikait-kaitkan dengan keberadaan sosok wanita cantik yang tak asing lagi.

Namun demikian, Indonesia bisa disebut kaya dengan karang bolong. Sedikitnya ada 10 karang bolong dengan view yang memikat sehingga kesan tersendiri saat melancong ke pantai. Selain sebagai tempat wisata, karang bolong juga dipakai sebagai tempat untuk berswafoto yang mengasyikkan.

Berikut ini berbagai wisata pantai dengan ciri khas karang bolong yang eksotis, antara lain:

#. Pantai Karang Bolong Banten

Pantai ini ada di Anyer, Serang provinsi Banten. Pantai Karang Bolong menghadap ke barat yang terhubung selat sunda. Semula disebut Karang Suraga oelh seorang berilmu tinggi yang bertapa hingga akhir hayatnya. Sesuai namanya, terdapat sebuah karang besar berlubang sehingga dikenal dengan nama Karang Bolong. Saat surut, kita dapat menyusuri karang tetapi tidak bisa berenang, karena pantainya berkarang. Di tepi pantai bisa menikmati semilir angin laut, suara deburan ombak yang khas serta pemandangan karang yang memukau.

#. Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai ini Kebumen Jawa Tengah berbatasan dengan Samudra Hindia bagian selatan. Pesonanya sangat unik, menarik dan cantik dengan nuansa batu karang yang besar dengan ciri khas yang berlubang. Di timur pantai terdapat sebuah goa batu karang yang besar. Keberadaan goa inilah menjadi salah satu daya tarik dari pantai Karangbolong. Goa dengan dimensi panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi 5 m ini menjadi salah satu spot favorit para pengujung. Selain pesona goa karangnya, Pantai berpasir putih keabuan dikelilingi perbukitan cukup tinggi untuk menyaksikan pemandangan yang indah.
#. Pantai Karang Bolong Sukabumi

Pantai ini berada diDesa Sukatani Jampang Kulon, sekitar 30 km dari Ujung Genteng Sukabumei. Pemandangan hamparan bukit sabana yang luas, karang bolongnya, serta untaian pantai tebing merupakan keindahan sungguh mempesona. Kita bisa menyaksikan lautan lepas Pantai Selatan dengan dihiasi karang bolong yang eksotis, serta alam yang masih alami seolah tak terjamah di tempat ini.

#. Pantai Karang Bolong Pacitan

Berada di Kel. Sendang, Donorojo Pacitan akses menuju pantai karang bolong terbilang belum sempurna untuk menunjang pariwisata terutama saat hujan turun. Panorama khas Pantai Karang Bolong ini sungguh unik dan eksotik, serta keindahan tebing-tebing hijau yang gagah memukau dan menjorok kelaut.

#. Pantai Karang Bolong Malang

Pantai ini berada di kawasan Bajulmati, Malang. Sekitar 3 jam menempuh perjalanan ke pantai Karang Bolong. Selama perjalanan memang mengasyikkan karena lewati jalan hutan makadam, ladang perkebunan dengan yang jalan kecil dan misterius kita dapat menemukan pantai indah yang masih sangat alami. Bahkan pemandangannya keren, terlihat gardu selayang pandangnya lagi buat melihat kawasan pantai-pantai di daerah Bajulmati ini dari atas.

#. Pantai Karang Bolong Nusa Penida, Bali

Salah satu pantai Nusa Penida di kab. Klungkung Bali terkenal di kalangan wisatawan. Pantai Karang Bolong ini disebut juga Pantai Uug yang berati rusak. Sementara di kalangan wisatawan asing, Pasih Uug dinamakan broken beach Nusa Penida. Pasih Uug adalah pantai yang dikellilingi tebing karang tinggi, sangat mirip dengan tebing di objek wisata Uluwatu Bali. Jika dilihat dari atas dengan drone, terlihat seperti kolam air laut yang dikelilingi tebing yang sangat tinggi. Air laut dapat keluar masuk area perairan yang dikelilingi tebing ini karena adanya lubang pada salah satu dinding tebing karangnya yang lebih menyerupai seperti jembatan.

#. Pantai Mbawana di Sumba

Wisatawan biasa menyebut Pantai Batu Lobang. Sebab, di tepi pantai itu, terdapat dinding karang besar dengan lubang di tengahnya. Tinggi dindingnya lebih puluhan meter. Sedangkan lubangnya berbentuk seperti pintu bundar yang menghubungkan dua sisi pantai.
Pantai ini dibuka untuk umum pada 2015. Aksesnya tergolong masih sulit.

#. Pantai Batu Bolong Lombok

Fenomena pantai batu bolong atau pantai dengan panorama karang berlubang juga terdapat di Lombok. Lokasi tepatnya tak jauh-jauh amat dengan Kota Mataram. Waktu tempuhnya kira-kira 30 menit dari pusat kota. Pantai ini selalu dilewati wisatawan bila mereka hendak ke Senggigi. Pantai Batu Bolong di Lombok hampir mirip dengan Tanah Lot Bali. Kedua pantai itu sama-sama memiliki pura di atas karang. Serupa dengan di Tanah Lot, umat Hindu di Lombok kerap menggelar ritus spiritual di Pantai Batu Bolong. Konon, Pantai Batu Bolong sarat kisah akan perjalanan seorang pendeta Hindu dari Jawa Timur ke Lombok. Pendeta itu menempuh perjalanan spiritual hingga menandai akhir perjalanannya di Lombok. Pura tempat sembahyang di pantai itu menjadi simbol perjalanan si pendeta.

#. Pantai Batu Bolong Bali

Kurang lebih 10 menit atau sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Krobokan, ada sebuah pantai yang masih menjadi favorit turis domestik, juga mancanegara. Namanya Pantai Batu Bolong. Karakternya berkarang. Bahkan, di beberapa titik, terdapat karang-karang besar yang memberikan efek estetis. Pasirnya halus, meski tak terlampau putih. Ruang bermain, juga berjemur, cukup luas. Orang bisa bersantai menikmati lanskap. Dapat juga melakoni aktivitas seperti berenang di pinggir pantai, berselancar, atau berwisata religi. Selain terkenal sebagai pantainya para surfer, Batu Bolong memang kesohor lantaran terdapat pura besar di sana. Jadi mereka bisa melihat orang-orang Hindu bersembahyang atau menggelar upacara di waktu-waktu tertentu. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.