Astragraphia Document Solution Edukasikan Teknologi Printing Digital

0
463

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai akhir tahun 2015, penting bagi setiap individu dan perusahaan mempersiapkan kemampuan diri dalam berkompetisi dengan mengenal dan menguasai teknologi, salah satunya adalah teknologi digital printing.

Hal ini diperlukan karena dengan berkembangnya industri kreatif dan mobilitas kerja yang menuntut produktivitas tinggi, teknologi printing digital memainkan peranan utamanya.

Bagi individu dengan mobilitas kerja tinggi, teknologi printing digital dapat membantu mereka dalam memproduksi cetak dokumen yang cepat dan efisien. Sedangkan bagi pelaku bisnis, terutama di industri kreatif, teknologi digital printing yang andal diharapkan dapat meningkatkan cost efficiency sekaligus mengurangi cost production.

Data Kementerian Perdagangan (2014), kesadaran ekonomi kreatif di tengah-tengah masyarakat terus meningkat serta memiliki potensi besar menyumbang perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja. Sumbangan industri kreatif telah mencapai 6,3% terhadap GDP, yang mencapai Rp 104,73 triliun.

Tahun ini beberapa sektor industri menunjukkan pertumbuhan bisnis yang menurun, tapi industri kreatif justru menunjukkan tren yang postif. Tren tersebut secara tidak langsung mendorong majunya industri grafika di Indonesia, terutama untuk printing, labeling, promotion dan publishing.

Hal lain juga ditunjukkan pada sektor korporasi, dimana kini perusahaan dituntut untuk menghadirkan kualitas kerja yang maksimal namun dengan tetap menekankan efisiensi, terutama tuntutan cetak dokumen yang dapat menunjang kecepatan dan produktivitas kerja.

Kesemua tuntutan tersebut dijawab melalui solusi dari beragam lini produk Fuji Xerox yang didukung dengan teknologi dan fitur printing terkini.

 

“Kami bangga bersama Fuji Xerox yang telah membangun kemitraan yang strategis selama hampir 40 tahun bersama-sama memenuhi dan menjawab tantangan tersebut, baik untuk individu, korporasi dan pelaku bisnis,” ujar Direktur PT Astra Graphia Tbk, Arifin Pranoto pada acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (30/6/15).

Seiring dengan dihadapkannya dengan MEA, menurutnya terus berkomitmen untuk mengedukasikan pentingnya menguasai teknologi digital printing serta aplikasinya sedari dini, sehingga kita dapat lebih siap dan berkompetisi dan menjadi tuan rumah di negara sendiri serta indusri kreatif menjadi salah satu lokomotif penggerak perekenomian bangsa.

Beberapa teknologi yang telah diperkenalkan dari Fuji Xerox, misalnya Green (Ramah Lingkungan), yaitu menyediakan fitur-fitur yang ramah lingkungan secara standar dan mudah diimplementasikan tanpa harus mengorbankan kenyamanan pengguna.

Serta teknologi Wireless (Wi-Fi) Connectivity, yang memungkinkan pengguna melakukan cetak nirkabel dengan menggunakan software AirPrint dan Google Cloud untuk melakukan perintah cetak dari beragam gadget ke printer Fuji Xerox tanpa harus mengunduh aplikasi atau menginstal print driver. Bahkan dengan fitur ‘Wi-Fi Direct’ pengguna tetap dapat melakukan wireless printing tanpa fasilitas internet.

Fuji Xerox Versant 2100 Press dilengkapi dengan teknologi Pertama di Dunia yakni RIP processing yang memiliki resolusi 1.200 x 1.200 x 10 bit depth, teknologi ini mampu menghasilkan ketajaman warna yang solid dengan detail yang sangat baik.

Astragraphia Document Solution bersama Fuji Xerox menjadi yang pertama menghadirkan teknologi cetak GOLD dan SILVER melalui teknologi laser printing di Indonesia.

Inovasi baru juga ada pada varian hasil cetakan, mesin production Fuji Xerox kini telah mampu menghasilkan Long Banner Print dengan ukuran hingga 330mm x 660mm.

Seluruh rangkaian inovasi dan keunggulan tersebut menunjukkan keragaman mesin cetak digital dari Fuji Xerox menghantarkan proses cetak yang andal, akurat dengan ketajaman warna yang terdepan di kelasnya, menjadikan pekerjaan menjadi lebih mudah, hemat biaya dan efisien.

Membangun Print Lab

Mengambil tema “Teknologi untuk Kemajuan Anak Bangsa” dan sesuai dengan fokus utama tanggung jawab sosial perusahaan yakni bidang pendidikan, Astragraphia Document Solution melakukan edukasi pentingnya pengenalan dan penguasaan teknologi digital printing, terutama menghadirkan positif printing experience yang bermanfaat sejak dini, dengan membangun unit contoh Print Lab di Pondok Pesantren Qur’an Yatim Dhu’afa Al Lhatifah, Cibitung dan Yayasan Rumah Piatu Muslimin, Jakarta Pusat.

“Kami juga memberikan pelatihan desain grafis. Melalui Print Lab dan pelatihan tersebut diharapkan anak-anak panti asuhan dapat mencetak dokumen kreatif yang dapat dipersonalisasi, misal kartu ucapan, kartu ulang tahun, hingga kartu hari raya yang dibuat tersebut dapat dijual ke masyarakat umum,” ungkap Arifin.

Pembangunan unit contoh Print Lab tersebut menurutnya menunjukkan komitmen Astragraphia Document Solution untuk memberikan edukasi kepada anak-anak sedari dini tentang teknologi printing sehingga nantinya dapat bermanfaat dan menjadi bekal mereka saat harus berkompetisi di dunia kerja. (evi)

LEAVE A REPLY