Asian Delight, Beragam Kuliner Asia di Verwood Hotel

0
119
Kikil sapi, kuliner khas Surabaya yang menjadi ngetrend

SURABAYA, Bisniswisata.co.id: Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati kuliner dari beberapa negara Asia, terutama Indonesia. Cukup ke resto Terakota di Hotel Verwood and Serviced Residence di Surabaya, yang menyajikan kuliner bertema Asia Delight secara buffet untuk lunch maupun dinner. Sesuai namanya, di tempat ini tamu bisa memilih beragam menu dari Asia seperti Cina, Thailand dan Jepang.

Kuliner Cina diantaranya kwetiau, sapo tahu, ayam kanton dan ca sayur. Kuliner Jepang diantaranya ayam katsu, ayam karage, teriyaki dan sushi. Sedangkan kuliner Thailand antara lain ikan panggang saus Thailand yang bisa diolah dengan bumbu balado atau rica-rica.

“Asian Delight disajikan hingga April. Tak menutup kemungkinan bisa diperpanjang hingga bulan berikutnya. Ini karena menu-menu yang disajikan ternyata disukai tamu lokal maupun asing, termasuk makanan tradisional dari Indonesia, khususnya Jatim,” lontar Executive Chef Verwood, Agus Pitoyo dalam keterangan tertulis, Ahad (04/02/2018).

Selama ini, lanjut Chef Pitoyo, kuliner Indonesia tetap digemari, karena banyak tamu Verwood dari lokal. Misalnya ada balado, rica-rica, ayam taliwang, gule kambing, opor, ayam goreng, ayam bakar, gado-gado, sayur lodeh, sayur gambas.

Agar ikan bisa dipesmol, dibakar atau dibikin asam manis. Sedangkan untuk iga bisa dimasak asem-asem atau ala barbeque. Minumannya bisa memilih yang hangat seperti ronde atau yang dingin seperti es kopyor, es cao, es mega mendung, es Manado dan es Papua.

“Untuk kuliner Indonesia selalu disajikan bermacam menu. Masakan Jatim juga pasti ada, karena hotel ini berada di Surabaya. Salah satunya kikil yang banyak diminati,” ujarnya.

Kuliner dari Jatim diantaranya pecel, rujak cingur, tahu campur dan tahu tek. Yang paling disukai adalah kikil, masakan dari bahan kaki sapi yang diolah hingga empuk. Kikil menjadi menu favorit sehingga selalu tersedia, meskipun menu-menu lainnya diganti secara bergilir setiap hari.

Dijelaskan, kikil menggunakan bahan kaki sapi lokal yang direbus 4 jam sampai empuk. Airnya lalu dibuang untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi lemak, kemudian dibumbui dan dimasak selama 2 jam agar bumbunya meresap. Bumbunya adalah sereh, jahe, kunyit, kemiri, bawang merah dan putih, lada sedikit dan garam secukupnya.

Bagi yang suka pedas, bisa menyantapnya dengan sambal yang diracik seperti sambal untuk soto. “Kami menyajikan beragam menu untuk memanjakan tamu agar mereka betah menginap di Verwood dan selalu kembali ke sini jika ke Surabaya. Juga tak perlu repot ke luar hotel untuk mencari makanan dan minuman yang disukai, termasuk menu-menu tradisional,” ujar Chef Pitoyo. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY