Asap Indonesia Ganggu Penerbangan di Filipina

0
460

MANILA, test.test.bisniswisata.co.id: SEJUMLAH jadwal penerbangan di Filipina, terutama di daerah selatan dan pusat, masih terganggu kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di Indonesia.

Seperti dikutip laman Relaxnews, Senin (26/10/2015), enam penerbangan dari wilayah pusat dan selatan Filipina dibatalkan atau ditunda karena terbatasnya jarak pandang. Ribuan penerbangan lainnya juga terbengkalai sejak 10 hari terakhir. Pilot pesawat komersil yang terbang di kota Cebu, hanya bisa melihat delapan kilometer ke depan. Buruknya jarak pandang juga terjadi di area pulau Palawan.

Otoritas Filipina mengingatkan kualitas udara akibat kabut asap semakin berbahaya di beberapa wilayah selatan. “Departemen kesehatan mengimbau warga yang memiliki kesulitan bernapas untuk mengenakan masker,” ujar juru bicara kepresidenan Herminio Coloma kepada sejumlah awak media.

Walau kondisi di Filipina relatif lebih baik dibanding negara Asia Tenggara lainnya, kedatangan kabut asap cukup mengejutkan, karena jauhnya jarak dengan lokasi kebakaran di Indonesia.
Negara lainnya yang terkena imbas terburuk dari kabut asap Indonesia adalah Singapura dan Malaysia. (*/end)

LEAVE A REPLY