Area Bawah Tanah Monas Layak Dibangun Hotel

0
884
Tugu Monas, Destinasi Andalan Wisata Jakarta

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana akan memanfaatkan area bawah tanah Monumen Nasional (Monas). Ruang bawah tanah Monas bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena luas tanahnya cukup ideal dan terletak di tengah-tengah kota Jakarta.

Namun, hingga kini masih menunggu perencanaan ruang bawah tanah Detail Enginering Design (DED) yang dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI. Pemanfaatan ruang bawah tanah ini, bisa dilakukan dengan menggunakan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI nomor 167 tahun 2012. Didalamnya dituliskan tentang pemanfaatan ruang bawah tanah.

“Monas saya nggak puas ternyata pemanfaatan DED itu terlalu kecil. Justru itu dia gunakan Pergub yang lama hanya boleh 10 meter ke dalem, orang Pergub kita yang bikin ya ubah saja sendiri. Kenapa nggak mau bikin yang segede mungkin di bawah?” kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, kemarin.

Dia mengaku sudah meminta kepada Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov FKI Jakarta untuk merubah DED. Rencananya akan membuat sebuah bangunan seperti hotel dibawah tanah Monas. “Saya maunya gedung, kalo perlu dibikin hotel di dalam, kenapa nggak boleh? Sebesar mungkin kita pake, kapan lagi ada tanah di tengah monas,” katanya.

Selain bangunan, ruang bawah tanah itu bisa digunakan untuk lahan parkir pengunjung Monas. Sebab kapasitas parkir di Monas hanya bisa menampung 900 kendaraan. “Kita pengen masukin 20.000 motor di situ. Supaya orang nanti, pas ada bus gratis, orang capek-capek sampai Jakarta, masuk kesitu,” katanya.

Rencananya, Ahok akan mengurus Analisis dampak lingkungan (Amdal) pembangunan ruang bawah tanah di Monas. Sehingga, tahun 2015 mendatang ditargetkan hal itu bisa teralisasi. “Makanya tahun depan saya minta rancang bangun saja udah, langsung rancang bangun nggak usah DED lagi,” katanya. ****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.