Aparat Polda Metro Jaya Siaga di Objek Wisata

0
381

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Selama libur panjang 5-8 Mei 2016, Aparat Polda Metro Jaya bersiaga di sejumlah obyek wisata yang ada di Jakarta, seperti Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua dan Monas.

Selain tempat wisata, aparat Kepolisian juga berjaga di sejumlah rumah ibadah dan pusat-pusat perbelanjaan, papar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro AKBP Budianto di Jakarta, Jumat (6/5).

Diakuinya, selama ini semua objek wisata di Jakarta masih aman terkendali, tidak ada kejadian yang menonjol menimpa wisatawan lokal yang tengah menikmati liburan panjang.

Pengunjung Monas meningkat hingga 400 persen. Dari biasanya sekitar 2.000 pengunjung per hari, pada hari pertama libur panjang akhir pekan sudah lebih dari 8.000 wisatawan mengunjungi Monas.

Kepala Kantor Pengelola Kawasan (KPK) Monumen Nasional (Monas), Rini Hariani mengatakan, jumlah pengunjung pada libur panjang mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya.

“Sampai kini sudah 8.319 pengunjung. Jumlah ini meningkat empat kali lipat dibandingkan hari biasa,” ujarnya.

Selama libur panjang ini tak ada kenaikan harga tiket. Pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp 5.000 untuk masuk kawasan Monas dan Rp 10 ribu bila ingin naik ke puncak Monas. Tiket anak Rp 2.000 dan naik ke puncak Rp 2.000.

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu tujuan wisata untuk mengisi masa libur panjang akhir pekan ini. Jumat (6/5), kepadatan pengunjung mulai terjadi sejak pintu keluar Stasiun Jakarta Kota menuju kawasan Kota Tua. Semakin siang, sepanjang trotar pun padat karena pengunjung berhenti di pedagang kaki lima yang berjejer.

Kendati pengunjung membludak, Komandan Pleton Satuan Tugas Unit Pengelola Kawasan Iwan Sumarsono menyatakan tidak ada pengamanan khusus selama masa liburan ini.

Kawasan Kota Tua adalah satu destinasi wisata warga ibukota mengisi waktu libur panjang yang bertepatan dengan hari raya Isra Miraj. Di kawasan tersebut, terdapat beberapa objek wisata seperti Museum Wayang, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum
Bank Indonesia.

Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Puluhan ribu pengunjung, tampak memadati Taman Margasatwa Ragunan.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang menjelaskan, hari pertama libur Kenaikan Isa Al-Masih pengunjung Ragunan mencapai 55.208 pengunjung. Hari kedua hari libur Isra Mi’raj, sampai pukul 11.00 WIB, pengunjung sudah mencapai 25.040 orang. “Target per hari 30-60 ribu pengunjung,” kata Bambang.

Diprediksi jumlah pengunjung makin meningkat menjelang siang hari. Jumlah pengunjung lebih dari 60 ribu jelang sore. “Kalau hari-hari biasa pengunjung hanya mencapai 30 ribu orang. Saya prediksi hari Minggu puncaknya pengunjung. Karena hari terakhir liburan banyak orang memanfaatkan datang ke sini,” ucap Bambang.

Murahnya harga tiket masuk Ragunan, Rp4.000 dewasa dan Rp3.000 anak-anak menjadi faktor masyarakat memilih kebun binatang sebagai destinasi wisata. (endy)

LEAVE A REPLY