Antisipasi Libur Akhir Tahun, Fasilitas Bandara Manado Ditambah

0
28
Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: https://media.travelingyuk.com)

MANADO, Bisniswisata.co.id: Libur akhir tahun tinggal menghitung hari. Guna meningkatkan kenyamanan, keamanan dan ketertiban calon penumpang, Bandara Sam Ratulangi Manado membenahi sejumlah fasilitas. Seperti fasilitas kursi roda (wheelchair) bagi penumpang berkebutuhan khusus di konter Customer Service di lobby keberangkatan.

“Juga menyiapkan personel Customer Service, yang bertugas melayani kebutuhan pengguna kursi roda sehingga membantu mempercepat sekaligus kelancaram saat melakukan proses check in,” ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai.

Selain itu, sambung dia, pihak Bandara Sam Ratulangi melakukan penataan jalur kendaraan roda empat, baik di area keberangkatan maupun kedatangan, sehingga kehadiran fasilitas kursi roda ini diharapkan dapat semakin mempermudah calon penumpang maupun pengantar.

“Selain datang langsung ke konter Customer Service, calon penumpang juga dapat memanfaatkan Call Center 172 untuk memesan kursi roda tersebut. Nanti operator akan langsung menghubungi petugas Customer Service kami di terminal,” tutur Minggus seperti dikutip laman Tempo.co, Senin (04/12/2017).

Selain fasilitas yang memudahkan pengguna jasa, beberapa pengerjaan fasilitas di area terminal yang telah rampung adalah taman landscape dengan konsep ruang terbuka (open space) yang terletak di depan terminal, tepatnya di tengah area parkir kendaraan roda empat. Karena posisinya yang strategis, taman tersebut juga bisa digunakan sebagi meeting point tempat penjemputan tamu.

Sentuhan teknologi digital pun kini nampak di bandara ini. Mulai di area lobby dengan dipasangnya monitor Flight Information Display System (FIDS) berukuran besar yang semakin memudahkan penumpang dan penjemput untuk memantau status penerbangan secara real time, serta ditayangkan pula aplikasi flight radar sehingga lalu lintas penerbangan dapat dipantau langsung.

Selain itu, penggunaan digital signage juga memberikan kemudahan bagi penumpang untuk menemukan lokasi tenant atau fasilitas bandara seperti toilet atau nursery room.

Area dalam terminal pun tak luput dari sentuhan beautifikasi. Pengguna jasa bandara kini dapat memanjakan diri dengan melakukan selfie di photobooth yang berada di lantai 1, tepatnya setelah pemeriksaan keamanan di Security Chek Point (SCP) 2.

Sementara itu, di ruang tunggu keberangkatan saat ini tengah berjalan pekerjaan penggantian lantai keramik. “Saat ini pekerjaan penggantian lantai keramik di gedung terminal memasuki tahap penyelesaian. Diharapkan sebelum akhir tahun semuanya telah selesai,” ucap Minggus.

Kehadiran 40 unit single sofa berwarna cerah juga menambah kesan segar pada keseluruhan area ruang tunggu. Dengan adanya sofa ini penumpang juga akan merasa sangat nyaman dan kerasan. Selain bisa menikmati wifi gratis, juga tidak takut kehabisan baterai ponsel karena tersedia banyak stop kontak.

“Dengan perbaikan fasilitas maupun pelayanan seperti ini, diharapkan para pengguna jasa bandara bisa merasa nyaman saat berada di Bandara Sam Ratulangi sebagai pintu gerbang Sulawesi Utara,” ungkap Minggus.

Saat ini terminal penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado memiliki kapasitas hingga 26 ribu penumpang dan akan ditingkatkan menjadi 30 ribu orang. Peran Bandara Sam Ratulangi, Manado, menjadi pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mengalami kenaikan terbesar. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan jumlah kunjungan wisman di Bandara Sam Ratulangi mencapai 241 persen.

Menurut Kepala BPS Suharyanto, kenaikan terjadi seiring dengan dibukanya penerbangan langsung dari Manado ke China, serta adanya pesawat charter dari China. (TMP)

LEAVE A REPLY