Anang Hermansyah: Kementrian Pariwisata Jangan One Man Show

0
585

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Anang Hermansyah buka suara soal target 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia. Musisi, penyanyi, produser musik juga anggota DPR Komisi V dari Fraksi PAN mengamati selama ini Kementerian Pariwisata melakukan one man show alias main sendiri untuk mencapai target itu.

“Pemerintah harus menguatkan manajemen pengelolaan pariwisata di Indonesia, dengan membangun sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah. Kerjasama antara pusat dan daerah harus diperkuat, rangkul dong daerah. Jangan one man show,” saran Anang dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Lelaki kelahiran Jember 18 Maret 1969 melanjutkan upaya menarik industri pariwisata, tidak cukup sekadar membenahi insfrastruktur serta sarana-prasarana di destinasi wisata semata. Namun juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kawasan wisata yang bernilai jual. “Promosi pariwisata kita di luar negeri cukup masif. Namun itu akan sia-sia, bila di tanah air SDM kita masih belum bagus,” lontar bapak tiga anak Aurel, Azriel, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah.

Anang juga mengingatkan pemerintah untuk memberdayakan komunitas anak muda kreatif, pelaku UMKM, serta koperasi di daerah. “Bentuknya mulai dari fasilitas pendanaan, penyuluhan pemasaran produk kreasi daerah dan lain-lain,” saran mantan satu juri untuk acara adu bakat menyanyi, Indonesian Idol.

Suka atau tidak, kata politisi asal Jember, Jawa Timur ini, ego sektoral di kementerian atau pemerintahan, masih jelas terlihat. Hal ini menjadi kendala serius dalam memajukan pariwisata sebagai industri. “Ingat, pariwisata tidak hanya urusannya kementerian pariwisata. Ada peran dari kementerian atau lembaga lain. Untuk itu, mari kita lepaskan ego sektoral agar pariwisata Indonesia bisa makin maju,” tutup Anang. (endy)

LEAVE A REPLY