Album ‘Thriller’ Michael Jackson Terlaris di Dunia

0
437

LOS ANGELES, bisniswisata.co.id: Meski telah tiada, namun karya si Raja Pop, Michael Jackson, masih banyak diminati. Terbukti, album ‘Thriller’ milik Michael Jackson masih mengemparkan penggemarnya. Terbukti mampu mencatatkan penjualan hingga 33 juta kopi di Amerika Serikat pada Kamis, 16 Februari 2017.

Dalam album Thriller yang pertama kali dirilis 33 tahun silam terdapat, sejumlah lagu hit sepanjang masa seperti Beat It, Wanna Be Startin’ Somethin’ dan Billie Jean memang masih sangat popular hingga saat ini.

Bahkan, penjualan album yang keluar pada tahun 1982, mencapai angka fantastis yaitu 105 juta kopi di seluruh dunia, dan menjadi yang terlaris sepanjang masa. Rekor penjualan album Thriller diumumkan oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA) dan badan yang mengurusi aset mendiang Jackson.

Selain menjadi bersejarah karena merupakan album terlaris di dunia, single “Thriller” pun merupakan video musik pertama yang dibuat oleh ras kulit hitam pada masa itu. Asosiasi Industri rekaman Amerika telah memberikan penghargaan platinum yang ke-33 untuk album tersebut.

Keith Urban, penyanyi sekaligus penulis lagu, unggul dalam nominasi Academy of Country Music tahun ini dengan tujuh nominasi. Berita pun datang dari Sara Bareilles yang akan menggantikan Jessie Mueller dalam pertunjukan broadway Waitress

John Branca dari badan pengelola aset Jackson mengatakan Thriller telah dan akan terus menjadi parameter penjualan album.

Presiden RIAA, Cary Sherman, menyebut pencapaian album Thriller ini luar biasa. “Ini juga menjadi bukti awetnya album Thriller di sejarah musik Amerika,” kata Sherman.

Di kalangan para pemerhati musik, Thriller dianggap sebagai pelopor cara baru memasarkan album dengan memanfaatkan MTV melalui pemutaran video dan juga konser-konser yang mewah. Popularitas Thriller mengantarkan Jackson masuk 12 nominasi Grammy di mana ia akhirnya membawa pulang delapan penghargaan.

Dalam daftar album terlaris yang diumumkan RIAA, The Eagles menempati posisi dua, setelah album Greatest Hits 1971-1975 terjual 29 juta kopi. Masuk juga dalam daftar ini The Beatles dengan nama album yang sama, yang terjual 19 juta kopi, sementara album Shania Twain, Come On Over, terjual 20 juta kopi.(*/BBC)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.