Album “Thriller” Michael Jackson Terjual 30 Juta di AS

0
524

LOS ANGELES, test.test.bisniswisata.co.id: Album Thriller Michael Jackson kini telah menembus angka penjualan 30 juta kopi di Amerika Serikat (AS). Walaupun telah meninggal dunia pada 2009, popularitasnya tak pernah redup.

Thriller telah dirilis sejak tahun 1982 yang berisi tujuh lagu, termasuk Billie Jean, Beat It menembus penjualan 20 juta kopi di AS pada 1984 dan bertengger selama 112 pekan di tangga album Billboard, ungkap Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA).

Popularitasnya berlanjut setelah Jackson meninggal pada 2009 akibat overdosis obat bius propofol, dan kini Thriller telah terjual lebih dari 30 juta kopi. King of Pop ini tetap menjadi artis dengan rekaman terlaris sepanjang masa.

“RIAA telah menganugerahi gold dan platinum records untuk bisnis musik selama nyaris 60 tahun. Tapi, ini pertama kalinya seorang artis menembus 30x multiplatinum,” kata Ketua dan Chief Executive RIAA Cary Sherman dalam pernyataannya, seperti dikutip AFP, Kamis (17/12/2015).

Bahkan, Thriller kini juga telah menembus penjualan 100 juta kopi di seluruh dunia. Khusus di AS, album tersebut telah terjual lebih dari 2,1 juta kopi sejak kematian Jackson pada 2009.
Album dan musik video, termasuk Thriller yang mengambil inspirasi dari film horor dan dipuji di seluruh dunia telah membantu penyanyi keturunan Afrika-Amerika itu menembus batas rasis.

Jackson pun mendapatkan posisi di MTV yang terhormat hingga saat itu dipenuhi aksi-aksi penyanyi rock berkulit putih.

Sementara itu, album terlaris kedua sepanjang masa setelah Thriller adalah Their Greatest Hits 1971-1975 yang terjual hingga 29 juta kopi. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY