Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Yogyakarta Tembus 80 Persen

0
27

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta menegaskan tingkat pemesanan kamar hotel di Kota Yogyakarta rata-rata mencapai 80 persen menjelang Hari Raya Natal 2017 dan libur Tahun Baru 2018.

“Sampai 25 Desember nanti rata-rata mencapai 80 persen untuk ring satu (kawasan pusat Kota Yogyakarta),” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2017).

Selain di zona ring satu yang berada di kawasan Malioboro, tingginya okupansi juga terjadi di zona ring dua yang ada di kawasan Tugu Yogyakarta yang mencapai 70 persen dan zona ring tiga di kawasan Jalan Kaliurang yang mencapai 50 persen. Selama momen Natal dan Tahun Baru 2018, menurut dia, kebanyakan hotel berbintang di Yogyakarta memberlakukan “surcharge” atau tarif tambahan rata-rata 20 persen.

Perhotelan di Yogyakarta, khususnya anggota PHRI DIY akan menyediakan paket sewa kamar khusus Natal dengan makan malam, sekaligus hiburan bertemakan Natal dan Tahun Baru. Meski demikian, diperkirakan kenaikan okupansi rata-rata hotel di DIY saat libur akhir tahun hanya mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa.

Hal itu, menurut dia, disebabkan jumlah hotel yang sudah cukup banyak di DIY. Dengan jumlah hotel yang banyak, masing-masing hotel harus berbagi “kue pengunjung” sehingga okupansi tidak terlalu tinggi. Di DIY, kata dia, saat ini terdapat 166 hotel berbintang dan 1.030 hotel nonbintang. Sekitar 60 persen hotel berada di Kota Yogyakarta dan sisanya berada di kabupaten lain di DIY.

Executive secretary Hotel 1O1 Yogyakarta, Pipin mengatakan untuk pemesanan kamar hotel di Hotel 1O1 hingga 25 Desember 2017 justru telah mencapai 100 persen.

Untuk memeriahkan suasana Natal, menurut Pipin, Hotel yang berlokasi di Jalan Mangkubumi itu akan menggelar “Christmas Dinner” pada 25 Desember dengan dimeriahkan live choir dan Santa claus. “Untuk ‘surcharge’ di hotel kami Rp250.000 untuk semua tipe kamar,” kata Pipin. (RLS)

LEAVE A REPLY