Air Mata Pengantin, Kuliner Favorit Buka Puasa

0
176
Es Air Mata Pengantin

PEKANBARU, bisniswisata.co.id: Tiap daerah punya ciri khas kuliner tersendiri yang mencerminkan kekayaan alam Indonesia, termasuk di Pekanbaru, Riau. Di bulan puasa, makanan maupun minuman tradisional biasanya banyak dicari. Ada sejumlah kuliner khas Pekanbaru yang jadi favorit banyak orang. Es Air Mata Pengantin, namanya.

Namanya memang lucu, unik, sehingga menjadi menarik minat untuk merasakan. Sebenarnya, minuman ini selalu dinanti masyarakat Riau saat ada pesta pernikahan. Tentunya, minuman ini bukan berasal dari aliran air mata sang mempelai, tapi hanya sebutannya saja. Dan minuman Air Mata Pengantin ini, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori minuman terpopuler.

Seperti dilansir dari laman pegimakan, Ahad (27/05/2018) air mata pengantin adalah sebutan untuk minuman dingin, segar dan bikin nagih ini yang terus populer dari masa ke masa. Air mata yang dimaksud juga bukanlah air mata kesedihan tapi justru air mata kebahagiaan yang diwujudkan dalam rasa manis minuman.

Isian minuman ini hampir sama dengan sajian es campur, yaitu sari kelapa, blewah, biji selasih, es serut dan sirup. Lalu bisa juga ditambah potongan agar-agar untuk menambah ragam warna minuman ini. Ciri khas minuman ini, terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni.

Nah, peran utama dalam kuliner minuman ini adalah biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.

Selain jadi suguhan di pesta pernikahan, es air mata pengantin ini juga jadi minuman segar yang biasanya dijual di siang hari atau dijadikan minuman berbuka puasa. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 5 ribu sampai 7 ribu rupiah. Menikmati es air mata pengantin di Pekanbaru sepertinya menarik dan menggugah selera, terutama untuk teman berbuka puasa.

Atau ingin membuat sendiri, gampang kok. Cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya perlu beberapa langkah saja. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan utama yang terdiri dari agar-agar, blewah, biji selasih serta jelly kenyal. Untuk jelly ini anda bisa menggunakan nata de coco atau varian sejenisnya.

Tahap selanjutnya adalah memasak atau merebus agar-agar dengan air dan gula. Anda juga bisa menambahkan varian warna pada agar-agar supaya terlihat lebih menarik. Setelah agar-agar matang, kemudian dituang ke dalam wadah, lalu didinginkan.

Proses selanjutnya, setelah dingin, serutlah agar-agar dan blewah. Selain agar-agar, es batu juga harus diserut. Serutan agar-agar, blewah dan es batu dicampur menjadi satu. Jangan lupa tambahkan sirup. Untuk sirupnya anda bisa menggunakan sirup coco pandan atau sirup lainnya sesuai dengan selera anda. Dan Es Air Mata Pengantin yang segar sudah bisa Anda nikmati. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.