Agustus 2015, Dua Festival Budaya Wisata di Bali

0
1590

BALI, test.test.bisniswisata.co.id: Bulan Agustus 2015, wisatawan yang berwisata di Pulau dewata Bali akan mendapatkan hiburan yang luar biasa. Ada dua festival budaya wisata, yang digelar bagi wisatawan. Pertama, Buleleng Festival 2015 pada 4-8 Agustus 2015. Festival ini bertempat di Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja.

Dalam festival ini, sebanyak 21 seka (grup) gong dari sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng ikut ambil bagian memeriahkan. Lewat festival ini, ingin membangkitkan kembali bahwa kesenian Gong Kebyar yang di tanah ‘Bumi Panji Sakti’, masih tetap eksis dan tetap lestari.

Seka gong itu akan tampil di sepanjang Jalan Ngurah Rai, seniman akan tampil berderet di sepanjang 300 meter di jalan utama Kota Singaraja. Dan masing-masing seka gong ditempatkan pada sebuah panggung khusus, satu panggung panjangnya sampai 15 meter.

Buleleng Festival 2015 selain menggunakan areal sekitar patung Singa juga memanfaatkan Gedung Sasana Budaya dan Puri Kanginan, untuk menampilkan beberapa acara tambahan. Buleleng Festival 2015 mengusung tema “Gurnitaning Denbukit”, yang bermakna gemuruh musik di Buleleng.

Nantinya di salah satu festival terbesar di Buleleng ini akan lebih banyak mengeksplorasi kesenian musik yang tumbuh dan berkembang di Buleleng, baik itu musik tradisional maupun musik modern.

Kedua, perhelatan “Sanur Village Festival” 2015 yang ke-10 akan segera digelar pada 26-30 Agustus di Maisonette Area, Pantai Segara, Sanur Bali dengan mengangkat tema “Dasa Warsa”.

Dalam perhelatan ini, diadakan beragam kegiatan, seperti program lingkungan hidup, festival kuliner, pameran seni rupa dan fotografi, kegiatan olahraga, serta dialog seni dan budaya.

Juga ada program lingkungan hidup yang akan dilaksanakan, antara lain bersih-bersih pantai, pelepasan tukik, dan penanaman terumbu karang yang melibatkan murid sekolah, pelaku wisata dan LSM setempat.

Selain itu, untuk kegiatan olahraga, pada 23 Agustus akan diadakan acara lari SanurRun dengan tiga kategori, yaitu lari 10 kilometer dan lima kilometer terbuka untuk umum, lari dengan rute sejauh 400 meter untuk anak umur 5-6 tahun, dan lari satu kilometer untuk anak usia 7-9 tahun.

Sementara Sanur Open Golf Tournament akan diadakan selama dua hari pada 29-30 Agustus di Bali Beach Golf Course. Untuk kegiatan festival dan pameran meliputi Sanur Kreatif Ekspo, Agrowisata Expo, Pagelaran musik dan Kesenian, Parade Budaya, dan Bazaar Tanaman Hias.

Sanur Kreatif Expo akan memamerkan hasil seni kerajinan yang menjadi suguhan pendukung pariwisata industri sekaligus menjadi ajang temu kreatif, temu dagang, dan kontak bisnis.

Selain itu, akan diadakan lomba fotografi dengan dua kategori, yakni siswa dan umum. Pameran akan diadakan di Griya Santrian seminggu sebelum hingga seminggu setelah ajang Sanur Village Festival. Tertarik? (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY