Agrowisata Kledung Ditawarkan Pelancong

0
160
Agrowisata kledung temanggung

TEMANGGUNG, Bisniswisata.co.id: Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Temanggung Jawa Tengah, kini berubah total. Perubahan itu setelah ditetapkan sebagai kawasan pengembangan agrowisata di Kabupaten Temanggung. Tak bisa dipungkiri, Tlahab memiliki obyek wisata alam yang luar biasa sehingga layak ditawarkan ke pelancong.

“Tlahab merupakan salah satu desa di Kecamatan Kledung yang memiliki potensi untuk pengembangan agrowisata tersebut,” papar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono di Temanggung, Kamis (13/4/2017).

Dijelaskan, Desa Tlahab selain sebagai penghasil tembakau dan sayuran, juga sebagai penghasil kopi arabica. “Tanaman kopi di desa ini dibudidayakan secara tumpang sari, baik dengan berbagai sayuran maupun tanaman tembakau,” katanya.

Di desa ini juga terdapat objek wisata alam Posong yang dikelola oleh masyarakat. Pada hari libur atau akhir pekan banyak wisatawan berkunjung ke Posong untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

Dalam pengembangan perdesaan, wilayah Temanggung dibagi menjadi beberapa kawasan, antara lain Kledung sebagai kawasan agrowisata, kemudian Kecamatan Ngadirejo sebagai kawasan purbakala karena di daerah tersebut terdapat Situs Liangan, dan di Kecamatan Pringsurat sebagai kawasan pertanian terpadu.

Ketua Gapoktan Desa Tlahab, Tuhar mengatakan tanaman kopi mulai dikembangkan tahun 2000. Waktu itu hanya spekulasi, karena setahu masyarakat tanaman kopi hanya tumbuh di dataran rendah. “Ternyata tanaman kopi arabica cocok dibudidayakan di ketinggian 800-1.500 meter di atas permukaan laut sehingga bisa tumbuh baik di Kledung,” katanya.

Kopi Kledung mulai booming pada 2014, setelah dirinya mengikuti kontes kopi nasional di Jakarta dan mendapatkan nomor tiga. “Sejak itu, kami selalu mendapatkan kunjungan dari sejumlah instansi dari beberapa daerah untuk belajar tentang kopi di sini,” katanya.

Kabag Humas Pemkab Sleman Sri Winarti mengatakan rombongan dari Sleman ingin belajar tentang potensi yang ada di Kledung yang kemungkinan bisa dikembangkan di Sleman. “Minum kopi di tengah kebun kopi dengan udara yang sejuk ini sangat menarik bagi wisatawan,” katanya.

Kledung memang mempunyai daya tarik dan memiliki sejuta keindahan. Kultur budaya yang masih tertata apik, dan pesona alamnya yang memikat memanjakan siapa saja yang berlibur ke tempat ini. salah satu tempat yang bisa anda kunjungi di Kledung adalah Kledung pass, tempat ini memang diapit oleh dua pegunungan yaitu gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Kledung pass dulunya hanya dimanfaatkan sebagai areal perkebunan teh dan tembakau saja oleh warga sekitar, tetapi kini dengan mulai banyaknya investor yang tertarik akan keindahan alam dan pemerintah mulai menyadari bahwa akan ada potensi pariwisata.

Bagi pecinta kuliner ada Ayam kosek adalah salah satu tempat kuliner di kledung pass. Olahan sambal kosek yang berbeda yang menurut penuturan yang punya warung makan sambal itu sudah diturunkan secara turun temurun dari nenek sang pemilik rumah makan ini.

Para pengunjung akan betah berlama-lama disini karena hawa yang sejuk di kawasan semu out door yang membuat pikiran menjadi santai dan fresh. Di sebelahnya juga terdapat area outdorr untuk minum kopi, tersedia kopi luwak dan olahan kopi yang lain disertai tempe kemul yang hangat di temani pamandangan yang indah.

Bahkan tak jarang para pelajar atau pengendara yang sengaja datang tempat ini hanya untuk mampir ngopi dan melepas kepenatan saja, apalagi yang mulai suntuk dengan kesibukan dan rutinitas sehari- hari yang kadang membuat diri kita merasa strees.

Juga ada rumah makan djoglo, konon katanya rumah makan ini rumah makan yang legendaris, karena tempat ini sudah terkenal dimana – mana bahkan sampai kalangan artis dan pejabat. Yang menjadi pertimbangan adalah selain makanannya enak juga tak lain tak bukan karena pemandangan yang sangat apik, kata artis- artis sih seperti sedang berada di Swiss, bagaimana tidak dari dalam rumah kaca kita bisa melihat gunung yang begitu dekat dan memanjakan mata.

Kini di kledung juga mulai dibuat semacam danau buatan di sekitar gunung juga sudah mulainya dibuat wisata kebun strawberry serta perawatan areal kebun teh dan tambi. Dengan penataan tempat wisata yang apik disertai munculnya rumah makan dan hotel- hotel diharapkan akan banyak pengunjung yang datang. Tak heran jika suatu saat kledung akan menjadi puncaknya Jawa Tengah. Bukan hanya itu kledung bisa menjadi Swissnya pulau Jawa. Tertarik? (*/bbs)

LEAVE A REPLY