8 Juli 2018, Jakarta Karnaval “Spirit to Asian Games”

0
108
Karnaval jakarta (. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz)/par/15.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Setelah dua tahun vakum, Jakarta Karnaval kembali digelar. Kini mengangkat tema “Spirit Jakarta to Asian Games”. Jakarta Karnaval ini menyusuri jalan Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, pada 8 Juli 2018.

Event ini sebagai dalah jawaban terhadap challenge yang diberikan Presiden Jokowi untuk memeriahkan Asian Games. Challenge yang terus didengungkan untuk meningkatkan demam fever dari Asian Games ini. Dan ini adalah sumbangsih langsung dari kota Jakarta.

Sesuai dengan tema Asian Games 2018 yang diangkat dalam kegiatan ini diawali dengan pembukaan Jakarnaval akan berlangsung 8 menit dengan menyajikan pertunjukan silat, parkour, hiphop, break dance, inline scape, dan tarian betawi asli. Setelah itu ada marching band yang membawa bendera-bendera Asian Games.

Sejumlah atlet Asian Games akan mengikuti pawai dari Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan Medan Merdeka Barat pada sore hari. Pawai akan berakhir di pelataran kawasan wisata Monas. Para peserta pawai kemudian mengikuti rangkaian acara selanjutnya di panggung hiburan yang telah disiapkan di lokasi oleh pihak panitia. Bahkan setiap kontingen juga akan menampilkan yel-yel untuk menyemarakkan Asian Games.

Dengan adanya partisipasi dari sejumlah atlet, masyarakat jadi bisa mengetahui siapa saja pahlawan olahraga kita yang akan ikut bertanding dalam Asian Games. Selain itu, sekaligus juga sebagai ajang promosi Asian Games 2018.

Jakarta Karnaval akan dimeriahkan dengan kegiatan pawai kesenian dan kebudayaan. Jumlah peserta pawai tersebut diperkirakan akan mencapai kurang lebih 3.000 orang. Para peserta pawai tersebut berasal dari komunitas seni, olahraga serta pehobi binaan Pemprov DKI Jakarta. Pawai itu juga akan dimeriahkan dengan adanya 70 kendaran hias yang disiapkan oleh tiap-tiap komunitas.

Kgiatan pawai dimulai pada pukul 14.00 WIB. Seluruh peserta akan melintasi sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Medan Merdeka Barat atau setelah Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Setelah sampai di pintu masuk Merdeka Barat Monas, para peserta karnaval akan masuk ke kawasan Monas untuk mengikuti kegiatan selanjutnya di panggung hiburan.

Karnaval dengan bertema Asian Games dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan budaya-budaya Indonesia, baik kepada atlet maupun wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Terlebih lagi, tentu akan banyak berdatangan para wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan perhelatan Asian Games dan juga mendukung negaranya selama Asian Games berlangsung. (redaksi@bisniswisata.co.id)

LEAVE A REPLY