8 – 9 Maret 2016, Festival Kawaninya

0
365
Kesenian Tradisional Poso ikut menyemarkan GMT

POSO, test.test.bisniswisata.co.id: MENYAMBUT meriah datangnya peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang melewati kota Poso, pada 9 Maret 2016, Pemerintah Kabupaten Poso menggelar Festival Kawaninya untuk menghibur para wisatawan lokal dan asing yang hadir. Festival Kawaninya berlangsung di kota Poso, pada 8-9 Maret 2016.

GMT akan disaksikan secara massal di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, sekira 40 kilometer utara Kota Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Wilayah ini akan mendapat kegelapan total selama 2 menit 40 detik mulai pukul 08.38 WITA.

Desa Kalora ditetapkan sebagai titik pengamatan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama LSM Institut Mosintuwu Poso.

Anda yang berencana berkunjung tidak perlu membawa kacamata gerhana sendiri karena 5.000 kacamata hitam sudah disiapkan oleh panitia.

Acara ini juga dihadiri oleh 15 dosen ITB dengan perlengkapan yang lebih profesional untuk mengamati GMT. Peristiwan GMT di Poso nantinya akan disiarkan di televisi secara langsung oleh para dosen ITB tersebut.

Selama dua hari, festival akan diramaikan dengan berbagai jenis tarian dan lagu daerah Poso. Pada 8 Maret malam, masyarakat akan dihibur dengan tontonan situasi luar angkasa yang juga disajikan oleh para dosen ITB melalui teropong.

Poso sendiri kota berlokasi di tengah-tengah Sulawesi Tengah. Kota yang dahulu dikenal penuh konflik ini sudah beralih menjadi kota yang damai dan indah. Letaknya di bibir pantai menghadap langsung Teluk Tomini sehingga daerah ini kerap dijadikan sebagai sentral mobilitas barang ataupun orang-orang dari seluruh penjuru Sulawesi.

Poso bukanlah satu-satunya daerah di Sulawesi Tengah yang dilalui GMT. Hingga saat ini tercatat sekira 10.000 orang akan menyaksikan langsung GMT di sekitar wilayah Sulawesi Tengah seperti Kota Palu, Parigi, Poso, Tojo Una-Una dan Banggai. (*/e)

LEAVE A REPLY