8-9 Juli 2017, Festival Layang-Layang di Pantai

0
452
Festival layang-layang

PURWOREJO, Bisniswisata.co.id: Liburan Lebaran mulai berlalu. Untuk menggairahkan kembali pariwisata di daerah Purworejo, Jawa Tengah digelar atraksi wisata yang menarik. Festival Layang-layang di Pantai. Festival ini diikuti 40 grup layang-layang dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera, yang berlamngsung di Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi pada 8-9 Juli 2017.

Festival layang-layang di Purworejo merupakan event nasional yang diselengarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, event ini juga sebagai salah satu hiburan serta promosi wisata andalan Purworejo.

Kegiatan festival layang-layang di Pantai ini memasuki tahun kelima kalinya. Keberadaan Festival layang-layang ini terbukti efektif mempromosikan obyek wisata andalan Kabupaten Purworejo. Selain sebagai promosi wisata, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengunjung wisata yang berimbas pada meningkatnya APBD. Juga dapat meningkatkan pendapatan warga.

Event ini bisa menggerakan ekonomi masyarakat setempat secara langsung, terlebih libur lebaran yang panjang membuat masyarakat masih ada yang menghabiskan waktu untuk pergi ke objek wisata bersama keluarga. Dan ini sangat efektif apalagi momentnya sangat tepat.

Festival layang-layang kali ini akan menampilkan berbagai jenis kategori layang-layang yang ditampilkan, yaitu kategori dua dimensi, kategori tiga dimensi, tradisional dan tren naga.

Hingga kini perserta tercatat ada 40 grup yang ikut menjadi peserta eksebisi atau festival layang-layang dari berbagai daerah di Jawa, seperti diantaranya dari Yogyakarta ada gayar, bascom, dadali, genosida, pedal, maturahara, pasgud, pataslanta, gojek dan nggender. Peserta menghias layang-layang dengan ciri khas group mereka sendiri.

Memang, Purworejo menyimpan begitu banyak keindahan tempat wisata. Obyek Wisata Purworejo selain alam , juga ada pantai, air terjun, peninggalan sejarah. Ada 10 destinasi wisata di {Purworejo yang dikerap didatangi wisatawa, antara lain:

01. Curug Silangit

Curug Silangit memiliki ketinggian hingga lima puluh meter dan terbagi ke dalam tiga tingkatan curug. Curug pertama tingginya tiga puluh meter, sementara curug kedua dan ketiga tingginya masing-masing adalah sepuluh meter. Kedalaman curug sendiri terkenal sangat dalam, sehingga pengunjung yang tidak bisa atau kurang mahir berenang sebaiknya berhati-hati saat sedang berada di sini.

02. Hutan Alam Purworejo

Hutan alam ini merupakan desyinasi wisata baru untuk perkemahan, aktivitas alam bebas. Kegiatan lain yang biasa dilakukan di sini adalah outbond serta kegiatan adventure lainnya. Hal ini terkait adanya hutan pinus yang ada di sekitar wisata hutan alam ini. Tak hanya itu, di sini kita juga bisa menemukan sebuah kebun binatang mini. Koleksinya cukup banyak dan bersahabat untuk anak-anak. Wisata ini tepatnya berada di Desa Mayungsari. Wisata Hutan Alam Purworejo juga kerap disebut dengan nama Kusumo Asri.

03. Pantai Jatimalang

Purworejo memiliki sederet pantai. Salah satu pantai yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung kemari adalah Pantai Jatimalang. Di sekitarnya terdapat banyak penjual makanan sehingga kita bisa sekaligus melakukan tempat wisata kuliner di Purworejo. Pantai Jatimalang terutama menghadirkan keindahan dari pantai di laut selatan Pulau Jawa serta ombaknya yang berukuran cukup besar. Pantai ini berlokasi di Desa Jatimalang. Jaraknya sekitar delapan belas kilometer dari pusat kota.

04. Masjid Agung Purworejo

Wisata di Purworejo lainnya yang bisa kita kunjungi adalah Masjid Agung Purworejo. Sesuai namanya, wisata yang satu ini adalah sebuah wisata religi. Masjid Agung Purworejo sendiri merupakan tempat ibadah utama bagi warga Muslim di Purworejo. Daya tarik utama dari Masjid Agung Purworejo sebagai wisata religi adalah adanya bedug tua dengan diameter dua meter. Bedug ini telah dibuat pada tahun 1800 dan masih digunakan hingga kini. Namun, bedug ini hanya akan digunakan pada saat bulan Ramadhan serta perayaan Hari Raya saja.

05. Museum Tosan Aji

Suka dengan wisata sejarah? Maka jangan lewatkan obyek wisata Purworejo yang satu ini. Namanya adalah Museum Tosan Aji. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Pusaka. Di dalamnya tersimpan aneka benda-benda bersejarah dengan nilai tinggi. Banyak juga peninggalan pusaka yang berasal dari zaman kerajaan yang disimpan di dalamnya. Museum Tosan Aji terutama menghadirkan nuansa masa lampau dengan beragamnya koleksi pusaka yang berasal dari tanah Jawa.

06. Goa Seplawan

Wisata alam Purworejo tidak hanya berupa pantai dan curug, namun juga goa. Namanya adalah Goa Seplawan. Letaknya ada di Desa Donorejo. Jarak tempuhnya sekitar dua puluh kilometer menuju arah timur dari pusat kota. Ketinggian goa ini sendiri dalah tujuh puluh meter di atas permukaan air laut. Udaranya sanga sejuk dan ciri khas dari goa ini di antaranya adalah ornamen yang ada di dalam goa. Sebut saja mulai dari stalaktit, stalakmit, flow stone, soda strat, helekit, gouwer dam serta dinding-dinding dengan ornamen yang menyerupai kerangka ikan. Keadaan di sekitar goa juga cukup mengesankan dengan pemandangan alamnya yan gindah serta adanya flora seperti lumut hingga paku-pakuan di dalam goa. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan taman bunga yang ada di sekitar goa. Panjang goa ini sendiri sekitar tujuh ratus meter dan cabang-cabangnya sepanjang antara seratus lima puluh hingga tiga ratus meter. Diameter goa mencapai lima belas meter. Goa ini menjadi begitu terkenal terutama setelah ditemukannya arca emas Dewi Pawestri dan Dewa Syiwa seberat satu setengah kilogram pada 28 Agustus 1979 silam. Kini, kedua arca emas tersebut disimpan di Museum Nasional Jakarta.

07. Puncak Geger Menjangan

Wisata Purworejo Jawa Tengah yang berupa wisata alam berikutnya adalah Puncak Geger Menjangan. Objek wisata yang dinikmati di sini terutama adalah keindahan Kota Purworejo serta Pantai Selatan dari ketinggian sebuah bukit. Kawasan Geger Menjangan sendiri menawarkan aneka objek rekreasi lainnya. Termasuk di antaranya adalah kolam renang, taman permainan anak hingga meja biliar. Untuk kolam renang serta taman pemancingannya berada di pintu masuk dari kawasan ini. Sementara meja biliar ada di puncak bukit. Untuk kaum muda tersedia arena minicross serta panjat tebing. Lokasi ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertunjukan umum. Keindahan alam yang dilihat dari ketinggian merupakan daya tarik utama dari kawasan Geger Menjangan. Agar dapat menikmati keindahan tempat ini, pengujung dapat berjalan kaki sejauh satu koma delapan kilometer menyusuri sebuah jalan setapak yang dibangun menggunakan paving block. Perjalanan mulai dari pintu masuk hingga puncak bukitnya sendiri cukup menantang. Wisatawan dapat mendaki bukit setinggi seratus tujuh puluh lima meter. Di puncaknya, terdapat gardu pemandangan berukuran enam kali sepuluh meter yang sengaja dibangun agar pengunjung bisa menikmati keindahan kota Purworejo dan juga Pantai Selatan dari ketinggian.

08. Makam Kyai Imam Puro

Wisata di Purworejo Jawa Tengah berikutnya adalah makam Kyai Imam Puro. Letaknya masih ada di sekitar Geger Menjangan. Kyai yang satu ini merupakan salah satu tokoh besar yang dinilai berjasa terkait keberadaan Kabupaten Purworejo. Bahkan karena jasa-jasanya yang terbilang besar ini, sejarahnya sempat ditawarkan untuk menjadi tonggak hari jadi dari Kabupaten Purworejo.

09. Benteng Pendem

Benteng Pendem, pernah dijadikan sebagai pangkalan militer pada masa penjajahan Jepang. Salah satu buktinya adalah benteng kuno yang digunakan untuk menahan gempuran dari Pantai Selatan. Akan tetapi pada masa sekarang, benteng tersebut sudah tidak beroperasi lagi dan dijadikan objek wisata yang cukup menarik minat wisatawan. Benteng Pendem terutama terletak di Perbukitan Dukuh Kaliwaru, Dusun Bapangsari. Lokasinya ada di ketinggian dua ratus meter di atas permukaan air laut. Peta wisata Purworejo menunjukkan bahwa benteng ini telah dibangun pada 1945 dan jumlahnya ada dua puluh sembilan buah. Pada masa Jepang dahulu, pembangunan benteng bertuuan untuk tempat pertahanan serta pengintaian tentaraJepang dalam menghadapi musuh dari arah Pantai Selatan. Sayangnya kini benteng ini dalam keadaan kurang terawat.

10. Curug Muncar

Terakhir, wisata Purworejo Jateng yang dapat kita kunjungi adalah Curug Muncar. Arahnya sekitar empat puluh lima kilometer ke arah barat laut dari pusat kota. Tepatnya ada di Desa Kaliwungu. Curug Muncar terletak di ketinggian sembilan ratus meter di atas permukaan air laut. Curug Muncar ini juga masih tergolong alami karena belum banyak terjamah tangan manusia. Persiapkan fisik untuk perjalanan yang menanjak cukup terjal. Objek wisata yang satu ini terutama sangat cocok bagi para pecinta alam serta pendaki gunung. Curug Muncar terutama akan sangat tepat untuk kita yang mengharapkan kesejukan air dan juga udara. Rasa penat dan letih dari aktivitas sehari-hari akan langsung sirna saat berkunjung kemari. Kegiatan mandi alam juga bisa dilakukan di curug yang satu ini. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.