8 – 10 Agustus 2018, Tomohon International Flower Festival

0
136
Tomohon International Flower Festival (FOTO ANTARA/Basrul Haq)

TOMOHON, bisniswisata.co.id: Tomohon International Flower Festival kembali meramaikan event pariwisata Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Festival yang dimulai sejak 2008, kini mengangkat tema “Beautiful Tomohon”. Tahun ini agenda festival sangat special karena dilaksanakan pada tanggal, bulan dan tahun yang cantik yakni 8-8-2018. Event digelar di Kota Tomohon berakhir hingga 10 Agustus 2018.

Tema Beautiful Tomohon ini semakin menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga. Selain itu, memperlihatkan jika Tomohon memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung. Seperti Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan.

Tomohon juga mempunyai deretan danau yang indah. Yaitu Danau Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean. Serta air terjun eksotis yaitu Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa, Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

Sehingga festival ini sangat efektif dan efisien sebagai promosi pariwisata. Juga ada multiple effect untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pihak terdampak, Tukang bangunan, pengusaha toko, pemilik kendaraan. Pengusaha hotel cottage resto. Nanti juga akan ada 300 kamar dengan hotel bintang 5.

Karena itu, ada tiga alasan mengapa Tomohon International Flower Festival harus dikunjungi wisatawan. Pertama, bisa melihat hamparan bunga di Tomohon. Mulau bunga krisan yang warna kuning dan putih. Juga ada bunga mawar dan bunga-bunga lainnya. Sehingga sangat menarik karena ada spot selfie dijamin memberikan hasil foto yang Instagramable.

Kedua, tampilan fesyen dan karnaval bunganya tidak kalah menarik seperti yang ada di Pasadena Amerika Serikat. Setiap tahunnya Tomohon International Flower Festival selalu menyajikan hal yang berbeda, agar menjadi daya pikat bagi wisatawan yang datang.

Ketiga, Festival ini merupakan dalam upaya mempromosikan Tomohon yang semakin dikenal wisatawan nusantara maupun mancanegara sebagai pusat industri bunga terbesar di Indonesia, serta tujuan wisata lingkungan, ecotourism maupun agrotourism. Mengingat, Tomohon juga banyak sekali destinasi wisata yang perlu dikunjungi, seperti ke Pulau Lembeh, atau ke Tondano.

Kegiatan festival terdiri Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018. Selain itu diadakan pula pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

Dengan digelarnya event ini, ditargetkan bisa mendatangkan 90 ribu pelancong asing. Diharapkan target itu tercapai, mengingat sejumlah negara seperti Republik Ceko, Jepang, Member of Council of Asian Flower Exhibition (CAFÉ), dan Georgia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.