7 Titik Selam Menakjubkan di Taman Nasional Taka Bonerate

0
27
Diving (Foto: /www.andreastimm.com/)

MAKASSAR, bisniswisata.co.id: Trend wisata bahari untuk aktifitas snorkeling dan diving, semakin meningkat bahkan mendapat perhatian dari wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sebagai negara maritim, lokasi menyelam di Tanah Air memang tak ada habisnya. Selalu ada titik selam baru yang kemudian populer, yang berada Taman Nasional Taka Bonerate, Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk menuju kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, pengunjung harus terlebih dahulu mendarat di Makassar. Setelah tiba di Makassar, perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Taman Nasional Taka Bonerate merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Tempat ini dikenal memiliki banyak sekali titik selam yang memesona. Berdasarkan info yang didapat dari buku profil Taman Nasional Taka Bonerate, berikut ini adalah beberapa titik selam yang layak untuk dikunjungi di sana:

1. Mercusuar

Lokasi menyelam ini berada di Pasitallu Timur. Karakteristiknya berupa karang tepi (reef edge) dengan suhu air 27 derajat Celcius. Kedalaman titik selam ini berkisar antara 5 sampai 8 meter.

2. Small Totoke

Small Totoke berada di Taka Totoke Kecil. Tingkat kejernihan perairan di sini relatif tinggi dengan jarak pandangnya mencapai 18 meter. Kondisi karang hidupnya mencapai sampai 78 persen dalam kategori baik sampai sangat baik.

3. The River

Titik selam ini terletak di Jinato. Tempat ini memiliki kedalaman 5 sampai 10 meter, dengan tingkat kejernihan perairan mencapai 20 meter. Tak heran jika banyak sekali ikan eksotis yang berseliweran di sini.

4. Fujiyama

Sebenarnya nama tempat ini adalah Taka Bajang Pogo, namun karena di titik selam ini ditemukan sebuah gundukan karang lunak yang menyerupai Gunung Fuji di Jepang, maka titik selam ini dinamakan Fujiyama. Di tempat ini ikan jenis tiger fish banyak berseliweran.

5. Jinato Wall Paradise

Titik selam yang memiliki kedalaman 5 sampai 15 meter ini berada di Jinato. Di tempat ini banyak jenis ikan karang yang bisa dijumpai seperti butterfly fish, cardinal fish, angelfish, grouper, surgeon fish, dan masih banyak lagi.

6. Pasitallu Raja

Pasitallu Raja berada di Pasitallu Barat. Kondisi terumbu karang di tempat ini sangat baik, dengan tutupan karang berkisar 58 persen dan didominasi oleh karang keras dan karang lunak.

7. Kaldera

Titik selam ini berada di perairan Tarupa Kecil, yang juga dijadikan kawasan penelitian. Di sini pengunjung akan diajak menyaksikan dampak dari penggunaan bahan peledak bagi terumbu karang, sehingga bisa membandingkan karang sehat dengan yang karang hancur akibat bom tersebut. (CNN)

LEAVE A REPLY