7 – 9 Maret 2016, Festival Matahari Sikammung

0
1514

MAMUJU, test.test.bisniswisata.co.id: SULAWESI BARAT (Sulbar) menjadi salah satu provinsi yang dilalui Gerhana Matahari Total (GMT) 2016. Untuk memeriahkan peristiwa langka, diselenggarakan Festival Matahari Sikammung di Anjungan Pantai Manakarra, Kota Mamuju, pada 7-9 Maret 2016.

Festival ini menghadirkan berbagai stand kerajinan tangan khas Sulbar, stand makanan tradisional serta demo pembuatannya, lomba permainan nasiona, serta melibatkan pelaku seni dari 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Agenda yang akan dilaksanakan di dalamnya antara lain adalah: karnaval budaya, booth/stan kerajinan dan kuliner khas Sulawesi Barat, lomba permainan tradisional, serta penampilan kolaborasi budaya dari 6 kabupaten/kota di Sulawesi Barat yaitu Mamuju, Polewali, Mamasa, Majene, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

Kegiatan dilangsungkan bertepatan dengan GMT sehingga diharapkan acara tersebut dapat meningkatkan jati diri dan kebanggaan bagi generasi muda di Sulawesi Barat.

Seperti diketahui, sejumlah provinsi di Tanah Air akan dilalui GMT pada 9 Maret 2016. Khusus di Provinsi Sulawesi Barat, kota-kota yang dilalui oleh Gernaha Matahari Total adalah: Pasangkayu, Lanang dan Doda. Kota Mamuju yang merupakan ibukota provinsi ini akan dilalui Gerhana Matahari Sebagian sekira 90-99 persen.

Walaupun tinggi intensitasnya namun kegelapan langit tidak akan layaknya malam seperti yang terjadi pada titik gerhana 100 persen. Saat puncak gerhana, Matahari di wilayah ini akan terlihat seperti bulan sabit yang tipis sehingga tidak kalah menyuguhkan fenomena alam luar biasa.

Kota Mamuju bisa dibilang memiliki letak strategis, yakni di kawasan segitiga emas yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur. Mamuju juga memiliki garis pantai terpanjang yakni sekira 415 km yang tersebar di 48 desa dalam 13 wilayah kecamatan.

Pantai Manakarra, sebagai lokasi berlangsungnya festival ini juga kerap disebut sebagai Losari-nya Mamuju. Pantai ini merupakan bagian dari Teluk Mamuju yang juga sentra perhubungan Kota Mamuju. Pantai Manakarra memiliki panorama yang indah didukung latar belakang Pulau Karampuang.

Setiap tahun, Hari Jadi Kota Mamuju dan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia diselenggarakan di Pantai Manakarra. Festival Sandeq dan Pesta Bakar Ikan yang melibatkan bara api sepanjang 4.300 meter pun pernah berlangsung. (*/l)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.