6 Destinasi Wisata Bali Ditawarkan Delegasi IMF-World Bank

0
104
Patung Garuda Wisnu Kencana

NUSA DUA, bisniswisata.co.id: Hingga Ahad (7/10), jumlah peserta Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group di Nusa Dua Bali melebihi target yang telah ditetapkan. Dari target 22.000 peserta, per hari ini sudah 34.000 yang mendaftar untuk ikut dalam acara bergengsi yang diikuti peserta dari 189 negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan selaku Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan mengaku seluruh veneu sudah siap melaksanakan Annual Meeting ini. Beberapa agenda digelar di Bali International Convention Center (BICC) antara lain, seminar Wanita dalam Tempat Kerja, IMF Youth Dialogue, press briefing tentang global financial, dan lainnya sudah oke.

“Sedangkan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) akan dilangsungkan acara utama yakni pembukaan dan penutupan.Selain membahas substansi, dalam pertemuan tahunan ini, akan ditampilkan Indonesia Pavilion yang menampilkan art and craft expo, booth pariwisata, dan booth infrastruktur,” jelasnya.

Juga ada sajian Indonesia Pavilion, peserta dapat melihat dan membeli berbagai benda seni dan kerajinan karya asli putra bangsa Indonesia. Selain kerajinan, dalam booth ini ditampilkan berbagai paket pariwisata yang ditawarkan kepada peserta. Terkait infrastruktur, ditampilkan display dan perkembangan pembangunan infrastruktur dan beberapa kesempatan investasi dan pembiayaan di Indonesia.

Beberapa paket wisata di beberapa destinasi Bali sudah disiapkan. Dan obyek wisata itu tidak akan mengecewakan para delegasi. Mengingat, Destinasi pariwisata Bali hingga kini masih menyumbang pendapatan terbesar Indonesia. Bukan hanya digemari turis mancananegara, Bali juga menjadi pilihan bagi wisatawan nusantara.

Data dari Dinas Pariwisata menyatakan wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali sepanjang tahun 2017 mencapai angka 5,7 juta orang, sedangkan untuk wisatawan nusantara mencapai angka 8, 7 juta. Apalagi Tahun 2017, Bali dinobatkan sebagai destinasi terbaik dari 25 tujuan wisata di dunia. Penobatan ini diumumkan oleh situs TripAdvisor sebagai The World’s Best Destination with Travelers Choice 2017.

Pesona Bali juga memikat IMF dan World Bank untuk menggelar rapat penting di sana. Lantas, apa yang menjadikan Bali begitu memesona sehingga mampu memikat jutaan manusia untuk datang?. Ada enam destinasi wisata yang ditawarkan, antara lain:

#. Pantai

Pantai merupakan aset terbaik Pulau Dewata. Bukan cuma jadi andalan resort mewah atau bar rooftop yang menghadap laut, para pesohor pun memilih menikah di tepi pantai-pantai indah yang ada Bali. Hampir sebagian besar wisatawan yang ke Bali menyempatkan untuk berwisata di daerah pantai. Beberapa pantai indah di Bali di antaranya adalah Nusa Dua, Kuta, Jimbaran, Pandawa, Sanur, Sarma Kandara, dan masih banyak lagi.

#. Seni Budaya

Kesenian dan kebudayaan yang ada di Bali menjadikan Bali mempunya daya tarik yang kuat bagi para wisatawan yang datang ke daerah tersebut. Beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Bali yang memikat wisatawan di antaranya pakaian adat, tarian tradisional, upacara ngaben, Gebug Ende Seraya, Ritual Pengerebongan, dan banyak lagi.

#. Keindahan Bawah Laut

Bali tidak hanya menyuguhkan keindahan lanskap daratannya saja, tetapi juga wisata petualangan alam bawah laut. Banyak spot menyelam dan snorkeling yang menjadi favorit wisatawan. Beberapa di antaranya terletak di Pulau Benoa, Pantai Sanur, Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Pemuteran.

#. Sawah Terasering

Sawah di Bali yang menggunakan sistem terasering menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana khas pedesaan di sawah yang berundak. Ada beberapa terasering yang dikenal bagus, dan menjadi favorit wisatawan, yakni di kawasan Jatiluwih Tabanan, Pupuan Tabanan, Antosari (pantai Soka), Busung Biu Buleleng, Tirta Gangga Karangasem, dan Tegalalang Ubud.

#. Gunung

Bukan hanya pantai dan lautnya saja yang menarik, gunung yang berada di Bali juga menarik untuk dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan sensasi matahari terbit dan panorama dari atas puncak maupun hanya sekadar menikmati udara sejuk pegunungan tanpa mendaki.
Setidaknya ada tiga gunung di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Gunung Batur yang terletak di daerah Kintamani, dan Gunung Mangu yang terletak di daerah Bedugul.

#. Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Selain disajikan pemandangan patung maha karya dari seniman I Nyoman Nuarta dan Alam Sutera, wisatawan disuguhkan keindahan bukit kapur yang dipotong menjadi balok-balok kapur besar, dan berbagai kesenian khas Bali. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.