6 – 9 Desember 2017, Festival Danau Toba 2017

0
60
Festival danau Toba (Foto: .idntimes.com/)

MEDAN, Bisniswisata.co.id: Danau terus bergeliat. Berbagai sarana, prasarana terus dibenahi. Atraksi wisata terus digelar. Dengan satu tujuannya meningkatkan kunjungan wisatawan. Kini digelar atraksi wisata bertajuk: Festival Danau Toba (DFT) 2017. Event ini dilaksanakan di Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan pada 6-9 Desember 2017.

Event ini ditargetkan dikunjungi 5000 wisatawan lokal, nasional hingga international. Untuk itu, Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Danau Toba (BOPKDT) akan menghadirkan wisatawan mancanegara. Pelancong asing akan disediakan paket perjalanan dari Singapura ke Silangit selama dua hingga empat hari.

Memang lokasi acara ini didaerah Sipinsur yang sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan ingin menampilkan keindahan Danau Toba dari sisi yang lain. Termasuk mempromosikan Sipinsur sebagai salah satu geosite dari Geopark Kaldera Toba.

Festival Danau Toba 2017 banyak kegiatan menarik yang digelar. Mulai dari kegiatan komprehensif musik, seni dan kerajinan, kompetisi olahraga tradisional, seminar pariwisata, hingga pameran.

Sementara, Doloksanggul akan menyelenggarakan lima kegiatan lainnya, yakni menjadi tempat hostdinner, lomba paduan suara, Pemilihan Ucok Butet Geopark, Lomba Seruling, hingga Seminar Budaya dan pariwisata.

Terdapat 10 kegiatan yang telah dipersiapkan dengan baik. Seperti perlombaan lintas alam sepanjang 9.2 kilometer dengan tempat Finish Geopark Kaldera Toba, Pameran Ulos sepanjang 500 meter, Defile kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Defile Kabupaten dan Provinsi peserta FDT, serta parade gondang Batak.

Pemilihan Ucok-Butet Geopark di Sipinsur. Juga pagelaran Menghunti Tandok oleh 1000 Tandok dari kaum ibu yang ada di kabupaten Humbahas dan tarian missal lima puak di Sumatera Utara. Ada pula kolaborasi musik etnik dan modern, paduan suara massal, pameran kuliner dan UMKM, lomba vokal grup, penampilan artis ibu kota, dan pagelaran seni budaya Kabupaten atau Provinsi.

Sebelum dan sesudah Festival Danau Toba, juga terdapat acara menarik lainnya. Kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat khas Indonesia di Sipinsur. Selain itu, ada pertunjukkan budaya dan hiburan di Desa Sipinggan, Samosir, pada 28 Desember. Ini merupakan acara puncak di Danau Toba pada akhir tahun.

Tidak lupa, ulos sebagai simbol masyarakat Batak akan digunakan saat penyambutan para tamu di Komplek Wisata Sipinsur. Puluhan wanita membawa wadah berisi beras (tandok) seperti digelar pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) di Balige, Tobasa.

Berbagai perlobaan akan mendomisi pelaksanaan FDT pada hari ketiga, 8 Desember 2017. Mulai dari perlombaan paduan suara di Aula kantor Bupati Humbahas, perlombaan seruling di Komplek Wisata Sipinsur, lomba renang diperairan Danau Toba, Kecamatan Bakti Raja hingga perlombaan Dragon Boat di Pantai Bebas Bakara.

Pada malam hari, dilanjutkan dengan hiburan rakyat dan penampilan budaya dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Festival ditutup pada Sabtu, 9 Desember 2017.

Danau terbesar di Indonesia ini, memiliki beragam daya tarik. Ya alamnya, budayanya, kulinernya, kerajiannya hingga atraksi wisatanya. Danau Toba berada pada ketinggian 905 meter dengan panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 505 meter. Terbentuk melalui ledakan gunung berapi, Danau Toba dianggap sebagai tempat kelahiran orang Batak. Demi melestarikan tradisi dan budaya asli, digelarkan festival Danau Toba besar-besaran. Tertarik? (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY