5 Destinasi Liburan Paling Favorit di Jakarta

0
189
Taman Margastwa Ragunan Jakarta

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada baiknya untuk menetap di dalam kota untuk menghabiskan liburan akhir pekan yang singkat. Selain karena dapat menghemat energi karena tak perlu menghadapi macetnya jalanan, di Jakarta pun banyak terdapat destinasi liburan yang menarik.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (08/02/2017) berikut ini jajaran destinasi hits di Jakarta untuk temani liburan akhir pekan Anda.

01. Kota Tua
Kawasan Kota Tua selalu jadi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu libur, terutama saat weekend tiba. Selain lokasinya yang mudah dijangkau transportasi umum, ada banyak spot yang bisa dijelajahi di area tersebut. Mulai dari wisata sejarah di beberapa museum yang ada di sana seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa berwisata kuliner menikmati sajian menu lezat di Cafe Batavia. Anda pun bisa menikmati pemandangan gedung-gedung tua dengan menyewa sepeda yang ada di area tersebut. Lanskap peninggalan sejarah ini biasanya dijadikan sebagai latar belakang untuk ber-selfie. Jangan lupa pula untuk berfoto dengan para seniman jalanan yang turut menjadi ikon di Kawasan Kota Tua ini, ya.

02. Taman Kota Kalijodo

Yang satu ini cukup baru di Jakarta. Dulunya kawasan ini terkenal sebagai tempat prostitusi. Namun, kini disulap menjadi ruang hijau terbuka yang sangat nyaman. Berbagai fasilitas melengkapi Taman Kota Kalijodo ini. Mulai dari jogging track, area bermain skateboard atau roller skate, wahana permainan anak, dan masih banyak lagi.
Saat akhir pekan, tempat ini tak hanya diramaikan oleh para remaja yang memiliki hobi olahraga. Anak-anak dan dewasa pun turut hadir di sana. Baik untuk sekadar menikmati suasana Jakarta di sore atau malam hari maupun berolahraga.

03. Monas
Siapa yang tak kenal dengan Monas? Tugu dengan lidah api di puncaknya ini memang jadi simbol perjuangan Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Anda bisa memilih Monas sebagai destinasi untuk libur akhir pekan. Tempat ini cocok sekali untuk dikunjungi bersama anak-anak. Sebab, mereka bisa mendapatkan informasi sejarah dari museum-museum yang terdapat di dalam tugu. Anda pun bisa melihat pemandangan Jakarta dari puncak Monas. Kawasan Monas kini dilengkapi pula dengan fasilitas olahraga seperti lapangan futsal, voli, dan basket. Anda yang tak punya waktu untuk berolahraga di hari biasa bisa memanfaatkan sarana ini. Untuk menikmati fasilitas tersebut, Anda dapat mengisi formulir di Kantor Pengelola Kawasan Monas.

04. Ragunan
Kalau destinasi yang satu ini tentu menjadi favorit anak-anak Anda. Sebab, mereka bisa melihat berbagai jenis hewan di kebun binatang kebanggan warga Jakarta ini. Harga tiket masuk kebun binatang Ragunan pun terhitung cukup murah. Tak heran jika selalu ramai didatangi bahkan di hari biasa. Selain melihat binatang yang ada di sana, pengunjung pun bisa menikmati fasilitas lain seperti perahu bebek dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa tikar saat berkunjung ke Ragunan sebab destinasi wisata Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga.

5. Balai Kota DKI
Ingin tahu bagaimana wujud kantor Gubernur Jakarta? Datang saja ke Balai Kota DKI. Di sini Anda dapat melihat pendopo Balaikota, ruang tamu, ruang kerja gubernur, ruang tamu VVIP, ruang galeri foto, balairung, aula dan ruang rapat kerja. Ruangan ini tak jarang dijadikan sebagia spot ber-selfie para wisatawan lho. Di lantai 3 Balai Kota DKI pun Anda bisa melihat langsung program unggulan Pemprov DKI, yaitu Smart City. Anda bisa mengetahui cara kerja Gubernur Jakarta saat mengontrol anak buahnya. Tak hanya itu, Anda pun akan disuguhi berbagai pertunjukan seni yang sangat menghibur. Setelah lelah menjelajahi ruang kerja Gubernur Jakarta, jangan lupa menikmati kuliner khas Betawi yang ada di kawasan Balai Kota DKI ini. (*)

LEAVE A REPLY