5 – 8 Juli 2018, Toraja International Festival

0
178
Toraja International Festival

TORAJA, bisniswisata.co.id: Pariwisata Toraja Provinsi Sulawesi Selatan berusaha bangkit dari keterpurukan kunjungan wisatawan. Kebangkitan itu ditandai dengan menggelar Toraja International Festival (TIF) 2018. Festival bernuasa wisata budaya, seni serta kuliner ini diselenggarakan di Museum NeGandeng Rantepao Toraja Utara, pada 5 hingga 8 Juli 2018.

Festival yang dirancang dan diproduksi oleh Lokaswara yang dipimpin oleh Franki Raden, komposer terkemuka Indonesia, etno-musikolog, kritikus budaya, dan penyelenggara festival yang telah bekerja dalam skena seni lokal dan internasional selama 30 tahun terakhir.

Di samping itu, menampilkan pertunjukan dari beberapa seniman terbaik dari dalam negeri ataupun luar negeri.Beberapa seniman atau kesenian yang akan hadir antara lain Liquid Silva (Canada), DJ Chantal Dewi (Netherland), Norma Jean (USA), Iwanouz (Indonesia), DJ Tezzy (Indonesia), Pagellu Toraja (Indonesia), Tabla & Sitar Duo (India), Kathak Dance (India), Samulnori (Korea), Novita Yunus (IFF Fashion Designer).

Bahkan event wisata ini akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi tradisional dari Toraja seperti Pompang, Maganda, Manimbong, Madandan, Pagelu dan Tomina.

Festival Toraja ini juga akan disorot dengan atraksi tradisional Toraja yang unik dan sakral seperti Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tomina. Festival ini juga akan menampilkan kesenian tradisional menarik lainnya dari bagian lain Indonesia seperti Tari Api Pepe-pepe dari Gowa, Sulawesi Selatan, dan Tari Dayak Hudoq dari Kalimantan Timur.

Selain berbagai pertunjukan seni, juga akan ada Kompetisi Paduan Suara dan Pameran Kerajinan Tangan di Desa Palawa. Juga membawa berbagai kelompok sekaligus seni dari seluruh dunia ke Dataran Tinggi yang indah ini.

Sebagai tempat yang secara sempurna menggabungkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan tradisi budaya unik yang terjaga dengan baik, dataran tinggi Toraja diharapkan menjadi ikon dimana budaya unik dari seluruh nusantara dan seluruh dunia dapat bertemu dan menyatu secara harmonis.

Selama bertahun-tahun, festival ini telah menemukan jumlah kehadiran yang terus meningkat, di mana tahun lalu acara tersebut mencatat kehadiran setiap hari lebih dari 10.000 orang.

Daftar group musik mancangera yang akan tampil di TIF 2018 :

#. Capoeira (Brasil)

Penyelenggaraan Toraja International Festival 2018 tahun ini memboyong unsur terbaru yakni dengan menghadirkan sebuah olah gerak yang berasal dari negara Brasil yang sangat popular di dunia yakni Capoeira. Capoeira merupakan gabungan antara seni bela diri dan tari plus musik khas Brasil yang sangat terkenal dengan irama Samba.

#. Hiphop Muda, Liquid Silva (Brasil)

Hiphop Muda, Liquid Silva asal Brasil ini, akan hadir seorang penyanyi hiphop muda dengan nama Liquid Silva. Penampilan pemuda berbakat ini nanti akan diiringi oleh seorang DJ bernama Teeze.

#. DJ Jelita dan Dj Chantal Dewi (Campuran Belanda-Indonesia)

Kedua Dj berdarah campuran Belanda-Indonesia ini juga turut menyemarakan suasana malam TIF. Namanya DJ Jelita, Chantal Dewi. Keduanya akan tampil mengajak Generasi Now dan Milenial untuk berjoget di malam hari.

#. Seniman Klasik (India)

TIF juga mengundang dua grup seniman klasik dari India. Keduanya akan menampilkan pertunjukkan Duo Tabla dan Sitar dan tarian Klasik Kathak.

#. Highlight (Korea)

Pertunjukkan langka ini merupakan salah satu highlight dari program TIF di tahun 2018. Highlight yang lain adalah penampilan sebuah grup musik-­tari Korea bernama Yulteo yang akan mementaskan Samulnori, bentuk seni pertunjukkan Korea yang paling terkenal di dunia.

#. Penyanyi Norman Jean (Amerika)

Penampilan Highlight juga akan menghadirkan seorang penyanyi balada wanita dari Amerika, Norma Jean. Diiringi oleh seorang pemain gitar muda Indonesia berbakat Renda Pangestu, Norma Jean akan dapat memukau para penonton dengan lagu-­lagu yang ia ciptakannya sendiri. (redaksi@bisniswisata.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.