5.500 Restoran di Jakarta Dipasangi Alat Pajak Online

0
712
alat online system PC/ Point Of Sales (POS)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: DINAS Pelayanan Pajak DKI melakukan pemasangan alat online system PC/ Point Of Sales (POS) kepada 5.500 restoran yang tersebar di wilayah Jakarta. Tujuannya untuk memudahkan restoran yang selama ini membayar pajak secara manual. Alat POS terminal ini dipasang bagi restoran yang belum online.

“Melalui alat ini, wajib pajak (WP) dapat lebih mudah dalam membayar dan melaporkan pajak mereka secara efektif, efesien, transparan dan akuntabel,” kata Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta Agus Setyowidodo saat secara simbolis memasang alat online system di Restoran Pelangi, Jalan Johar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2015).

Dilanjutkan, alat POS ini dipasang lengkap dengan aplikasi pencatat transaksi yang siap pakai untuk merekam transaksi. Selain itu juga bisa mendokumentasikan laporan penjualan serta mengirimkan data tersebut ke server atau data center DPP.

Dengan alat online sistem tersebut, sambungnya, petugas pajak tidak perlu memeriksa pembukuan pada WP restoran. Karena pada alat ini disiapkan alat pencatat transaksi penjualan sehingga WP tidak perlu membeli alat sendiri.

Melalui sistem online ini, petugas pajak tak harus lagi bertemu dengan WP. “Sebanyak 5.500 WP restoran yang dipasang alat online sistem ini hanya restoran- restoran dengan omset minimal Rp 200 juta per-tahun. Di Ibukota Jakarta sendiri, restoran yang telah terdaftar sebagai WP berjumlah 10.900 unit,” papar Agus sambil menambahkan sistem online ini menjaga konsistensi transaksi.

Agus memaparkan, melalui alat ini, data menu dan transaksi penjualan dari WP restoran akan secara otomatis terkoneksi ke data base DPP. Dari data tersebut, baru ditentukan jumlah pajak yang harus dibayar WP restoran. “Jadi ada patokan besaran pajak setiap bulan antara tanggal 1 sampai tanggal 15, sebesar satu persen dari omset,” tandasnya. (*/p)

LEAVE A REPLY