Sleman Genjot Promosi Wisata Kuliner

0
49
Aneka kuliner Sleman (Foto: http://www.slemanonline.com)

SLEMAN, Bisniswisata.co.id: Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai gencarkan promosi sekaligus berbenah dan melakukan penataan dengan menggenjot pengembangan destinasi wisata kuliner lebih optimal di segala aspek pendukungnya. Mengingat potensi kuliner di Sleman sangat besar.

“Penataan ini juga termasuk wisata Belanja, atraksi wisata terkait, dan kualitas sumberdaya manusia pendukungnya agar pariwisata di Sleman semakin diperhitungkan dan daerah tujuan kunjungan wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Sabtu (23/12/2017).

Menurut dia upaya percepatan pengembangan wisata kuliner dan belanja di Kabupaten Sleman akan terus diupayakan dengan koordinasi antar OPD terkait. “Beberapa event terkait telah disiapkan guna mendukung tindak lanjut penandatangan MoU ini, seperti Festival Kuliner Kaliurang pada tahun 2018 dan beberapa festival/kegiatan,” katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi mengatakan sebagai respons kesiapan Sleman yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner dan belanja, dinas terkait, seperti Dinas Pariwisata bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya diharapkan segera menyusun langkah-langkah strategis dan teknis yang diperlukan.

“Upaya pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja di Kabupaten Sleman terus dilaksanakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan Festival Desa Wisata yang puncak acaranya telah dilaksanakan pada 19 Desember 2017 yang lalu bertempat di Tlogo Putri, Kaliurang,” kata Sudarningsih.

Kegiatan puncak Festival Desa Wisata di Tlogo Putri ini menampilkan beberapa kuliner khas dan barang kerajinan yang ditawarkan oleh desa wisata yang tersebar di Kabupaten Sleman.

“Kekayaan kuliner yang ada di desa wisata inilah yang nantinya akan dikembangkan secara lebih terarah dan terpadu, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata, yang pada akhirnya nanti akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang selain menawarkan pemandangan memukau, suasana hangat dan bersahabat, serta budaya adiluhung yang selalu menyertai kehidupan masyarakatnya.

Sementara kulinernya yang khas memiliki cita rasa tinggi, nikmat, sehat dan dijamin bisa membuat lidah kita bergoyang. Kuliner Sleman yang ngehit dan dicari wisatawan, antara lain”

# Jadah Tempe

Merupakan gabungan 2 macam makanan yaitu jadah adalah olahan dari ketan dan tempe atau tahu. Dengan rasanya yang gurih ditambah dengan makanan pendamping yakni tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis). Lebih nikmat makan Jadah Tempe ditemani cabe rawit. Kuliner ini biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang. Dan bisa dengan mudah kita jumpai di sekitar are wisata alam Gunung Merapi, Kaliurang.

# Pepes Belut

Binatang licin yang hidup dilumpur atau sawah, jika diolah pasti menjadi santapan yang lezat. Biasanya kita menikmati sajian belut dengan cara digoreng atau dijadikan sambal. Namun di kawasan sentra pengolahan belut di kawasan Godean, Sleman bisa menemukan yang namanya sajian pepes belut. Dengan dibungkus daun pisang ditambah parutan kelapa beserta bumbu – bumbu khas tradisonal. Hasilnya rasa pepes terasa pedas, gurih plus nikmat.

# Ayam Goreng Kremes Kalasan

Menikmati ayam goreng kremes yang enak, khas dan lain daripada lainnya ada di ujung timur Kabupaten Sleman berbatasan dengan Candi Prambanan. Ayam kremes di kawasan ini berbeda dengan ayam kremes di tempat lain terutama citarasa bumbu dan cara pengolahannya. Salah satu yang terkenal ialah Ayam Kremes Mbok Berek & Ayam Goreng Suharti. Ayam kremes disajikan satu porsi dengan lalapan dan sambal. Rasanya yang gurih, empuk dan krispi ditambah dengan pedasnya sambal menambah citarasa ayam goreng ini semakin berlipat lipat.

# Sate Jaran (Kuda)

Kuliner ekstrim, menantang ini perlu dicoba. Daging kuda ternyata memiliki tekstur yang empuk mirip daging sapi namun memiliki aroma khas yang lebih kuat dari daging sapi, tidak seamis daging kambing. Selain rasa dagingnya yang nikmat dan gurih apalagi ketika disajikan dengan bumbu kecap pedasnya.

# Sate Kelinci Kaliurang

Ngomongin kelinci bagi sebagian orang mungkin tidak tega untuk menyantapnya. Sesuai dengan namanya sate berbahan dasar dari daging kelinci. Namun jika dipadukan dengan bumbu kacang yak nikmat, apalagi ditambah dengan hawa sejuk khas lereng Gunung Merapi membuat rasa gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini semakin lebih terasa.

# Salak Pondoh

Buah satu ini ciri khas Sleman. Buah Salak kaya akan vitamin bukan. Bisa dijumpai di sekitar daerah Kecamatan Turi, Tempel dan disekitar Jl. Raya Jogja – Magelang. Didaerah ini banyak sekali terdapat perkebunan salak pondoh bahkan beberapa desa wisata yang ada juga menyediakan paket memtik buah salak langsung dari pohonnya. Soal rasa jangan di tanya, Rasanya yang manis dan daging buahnya yang besar membuat siapa saja ketagihan untuk menghabiskan lebih dari satu buah salak pondoh. (BBS)

LEAVE A REPLY