30 Juli – 3 Agustus 2015, Festival Danau Kerinci

0
1588
Sejumlah wisatawan dalam dan luar negeri menikmati panorama di Danau Kerinci saat pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) (Foto L ANTARA /Wahdi Septiawan)

JAMBI, test.test.bisniswisata.co.id: Festival Danau Kerinci di Kabupaten Kerinci, Jambi kembali digelar. Festival yang sudah masuk kalender wisata tahunan ini, kini lebih menonjolkan kebudayaan lokal. Sehingga diharapkan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun nasional. Festival ini akan berlangsung pada Kamis (30/7/2015) hingga 3 Agustus 2015.

Festival Danau Kerinci tahun 2015 akan dibuka langsung oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, Kamis (30/7/2015) besok dan ditutup 3 Agustus. Festival juga akan dihadiri seluruh kepala daerah di Jambi, anggota DPR dan DPD RI dapil Jambi dan perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI.

Saat pembukaan Kamis ini, kegiatan yang digelar yakni pawai budaya dari 16 kecamatan di Kerinci, penampilan tarian massal, penampilan spesifik unik dari 16 Kecamatan dan penampilan tari kreasi dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

Pada 31 Juli dilaksanakan lomba seni budaya, sike rebana, marhaban barzanji dan penampilan dari budaya dari kabupaten tetangga. Kemudian 1 Agustus diselenggarakan lomba tari Rangguk dan Parno Adat

Pada 2 Agustus, khusus untuk lomba seruling bambu di Pasar Baru Siulak, Kecamatan Gunung Kerinci. Peserta lomba-lomba ini dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kerinci.

Berkaitan penyelenggaraan Festival Danau Kerinci juga diluncurkan UMKM dan juga KUR bagi pengusaha kecil di daerah itu. Pengusaha kecil akan diberi kartu untuk meminjam uang kepada Bank tanpa angunan, sehingga ekonomi kerakyatan berjalan.

Selain itu, masyarakat Kerinci yang merantau pulang ke Kerinci tidak hanya membawa kentang saja ke perantauan, tapi sudah membawa hasil olahan kentang seperti keripik kentang atau serundeng. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY