30 – 31 Desember 2017, Borobudur Nite & Cultural Feast 2017

0
176
Borobudur dibanjiri wisatawan domestik (Foto: Kabar Magelang)

MAGELANG, Bisniswisata.co.id: Pergantian Tahun baru 2018 di pelataran Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah bakal seru, semarak dan menarik. Karena PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, pengelola kawasan Candi prasejarah menggelar acara istimewa bertajuk Borobudur Nite & Cultural Feast 2017 yang akan berlangsung di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur dan sekitarnya pada 30 hingga 31 Desember 2017.

Acara tahunan ini dihibur dengan beragam atraksi pesta rakyat, bahkan menampilkan penyanyi jazz, Andien. Acara tahun bertemakan “Amazingly Wonderful”, dan akan digelar sangat menarik namun tapi tetap menjaga kesakralan dan ekosistem Candi Borobudur. Event ini juga mempersembahkan empat kegiatan utama yakni, music, art, culture, dan lantern.

Tak bisa dipungkiri, Candi Borobudur bagaikan sebuah lampu besar yang menerangi lingkungan di sekitarnya. Dikelilingi 20 desa dengan potensi beragam, kawasan Candi Borobudur semakin kaya akan destinasi wisata yang potensial untuk dikunjungi. Karena itu, Sebanyak 20 desa se-Kecamatan Borobudur dilibatkan untuk memamerkan hasil kesenian dalam kegiatan tersebut.

Kearifan lokal masyarakat di sekitar Borobudur memberikan ruh bagi geliat perkembangan pariwisata Borobudur. Karena itu, pada rangkaian Borobudur Nite n Cultural Feast 2017, menggali lebih dalam potensi nusantara dan lokal melalui acara di panggung hiburan Borobudur Nite maupun di Pesta Kuliner & Produk Kreatif, Panggung Seni Borobudur, Lomba Kreasi Masak Beong, Lomba Kreasi Busana Borobudur, Pesta Masak Besar, dan Balkondes Nite.

Selain itu, pertunjukan seni angklung, jathilan, dan atraksi tradisional lainnya. Keesokan harinya, dilanjutkan dengan pertunjukan Strek Desa Sambeng Borobudur, Ring of Fire Band, Santoz Magician, Bregada Desa Karanganyar Borobudur dan pertunjukan lainnya. Semuanya bisa dinikmati masyarakat umum secara gratis.

Pembukaan Borobudur Nite & Cultural Feast 2017 dada 30 Desember 2017 akan diawali dengan Lomba Kreasi Masak Beong, Pertunjukan Seni Angklung, Jathilan, dan berbagai atraksi tradisional lainnya.

Pada tanggal 31 Desember 2017, Borobudur Cultural Feast akan dimeriahkan pertunjukan Strek Desa Sambeng Borobudur, Ring of Fire Band, Santoz Magician, Bregada Desa Karanganyar Borobudur, dan lain-lain yang dapat dinikmati masyarakat umum dan sekitar Borobudur secara gratis.

Puncak perayaan kegiatan Borobudur Cultural Feast 2017 adalah Balkondes Nite yang diselenggarakan secara simultan di 20 Balkondes (Balai Perekonomian Desa) di Kecamatan Borobudur. Dan Borobudur Nite 2017 di Lapangan Lumbini yang akan dimeriahkan oleh artis nasional seperti Andien, Kevin and the Rose, Nico, Gaharu Nusantara, dan Java Ensemble & Orchestra.

Sebagai penutup, pada detik-detik menjelang pergantian tahun, wisatawan akan dapat menerbangkan ribuan lampion diterbangkan yang di dalamnya sudah dituliskan doa-doa dan harapan di tahun 2018 mendatang. (Redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY