3 September 2015, Konser Perayaan Karya Iwan Fals

0
1059

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Iwan Fals, musisi dan penyanyi empat dekade akan menggelar konser hari jadinya ke-55 bertajuk “Perayaan Karya Iwan Fals” di Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta pada 3 September 2018.

Yonder Music sebagai penyelenggara menyediakan 40 ribu tiket untuk penonton, satu tiket dibandrol dengan harga Rp30 ribu dan sudah termasuk tiket masuk Ancol. Namun khusus pengguna yang mengunduh aplikasi Yonder dapat menikmati konser tersebut secara gratis.

Ada penampilan spesial dari Virgiawan Listanto nama asli Iwan Fals pada konser ini, bahkan penyanyi kelahiran Jakarta 1961 akan menanam 19 pohon pada pagi harinya. Menanam pohon itu sudah menjadi ciri khas Iwan Flas, dia akan menanam tiga pohon di rumahnya di Bogor, sisanya akan ditanam di Jonggol.

Aplikasi Yonder, lagu-lagu Iwan Fals selalu menjadi tingkat teratas yang didengar oleh khalayak. Karya Iwan Fals termasuk pilihan lagu yang banyak diunduh di Yonder, meskipun banyak lagu diciptakan belasan tahun silam, namun banyak anak-anak muda beda gerasi yang ikut menggemarinya.

Belum dijelaskan bebarapa lagu yang akan dinyanyikan dalam konser spesial ini, namun lewat lagu-lagunya, Iwan akan menyanyikan lagu yang memotret suasana sosial kehidupan Indonesia pada akhir tahun 70’an hingga sekarang, kehidupan dunia pada umumnya, dan kehidupan itu sendiri.

Penyanyi dikenal dengan kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), empati bagi kelompok marginal (misalnya Siang Seberang Istana, Lonteku), atau bencana besar yang melanda Indonesia (atau kadang-kadang di luar Indonesia, seperti Ethiopia) mendominasi tema lagu-lagu yang dibawakannya. Namun, Iwan Fals tidak hanya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tetapi juga sejumlah pencipta lain.

Iwan yang juga sempat aktif di kegiatan olahraga, pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional dan Juara IV Karate Tingkat Nasional 1989, sempat masuk pelatnas dan melatih karate di kampusnya, STP (Sekolah Tinggi Publisistik). Iwan juga sempat menjadi kolumnis di beberapa tabloid olah raga.

Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar. Dia sangat dipuja oleh kaum ‘akar rumput’. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh nusantara. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan OI. Yayasan ini mewadahi aktivitas para penggemar Iwan Fals. Hingga sekarang kantor cabang OI dapat ditemui di setiap penjuru nusantara dan beberapa bahkan sampai ke mancanegara. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY