3-4 September 2016, Festival Musik Soundrenaline 2016

0
706

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Festival musik Soundrenaline edisi ke-14 kembali menggelegar. Sepanjang perjalanannya, perhelatan musik akbar ini kerap menghadirkan perpaduan tema dengan konsep menarik. Dan tahun ini, bakal digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kuta Selatan, Bali yang berlangsung mulai 3-4 September 2016.

Khusus dalam penyelenggaraan kali ini, mengusung tema “Louder Than Ever”, Kilau Indonesia selaku promotor bertekad memberikan suguhan berbeda dan lebih berkualitas dibanding sebelumnya kepada para penonton. Tema diambil sesuai banyaknya musisi indie yang akan tampil di Soundrenaline. Dan ajang ini merupakan salah satu cara memberikan ruang bagi musisi-musisi indie. Musisi indie komposisinya lebih banyak dari yang sudah punya nama besar di empat panggung yang sama. Supaya bisa kolaborasi dan tampil maksimal.

Mereka yang belum pernah tampil di Soundrenaline seperti Neonomora, Barasuara, Efek Rumah Kaca, dan lain-lainnya, kini diberi kesempatan emas untuk tampil lebih baik . Band independen alias indie merupakan istilah untuk membedakannya dengan band yang disokong label rekaman besar. Beberapa nama lain dari ranah sidestream alias indie yang bakal mengisi acara Soundrenaline 2016, antara lain Endah N Rhesa, Goodnight Electric, Mocca, Shaggydog, White Shoes & the Couples Company, hingga Elephant Kind.

Beberapa nama musisi lain akan diumumkan dalam waktu dekat, termasuk kehadiran satu artis internasional. Mereka semua akan mengisi empat panggung besar yang tersedia di GWK bersama sejumlah nama populer semisal /rif, Sheila on 7, Naif, NTRL (dahulu dikenal dengan Netral), Kotak, RAN, Isyana Sarasvati, dan Tulus.

Jika pada awal perjalanannya festival ini lekat dengan musik rock, anggapan tersebut terkikis seiring waktu. Kehadiran Dipha Barus dan DJ Yasmin mewakili genre electronic dance music dalam Soundrenaline tahun ini merupakan contohnya. Beragam genre musik kini mendapat tempat.

Suguhan menarik lainnya adalah kemunculan Soundrenaline Project yang dikomandani gitaris dan penata lagu Nikita Dompas. Gitaris kelompok Potret itu membocorkan bahwa proyek yang dipegangnya merupakan kolaborasi artis untuk menampilkan sesuatu di luar kebiasaan mereka.

Bukan kolaborasi musik saja yang bakal memeriahkan Soundrenaline 2016, kerja sama antarpelaku seni lain juga dimunculkan. Contohnya dengan menyediakan satu panggung bertema “Dari lo, buat lo” yang akan didesain oleh komunitas kreatif Catalyst Arts.

Selain ajang kreasi para musisi lokal, Soundrenaline mulai dikenal dengan konten dan aktivitas seninya yang unik. Tahun ini, akan ada lokakarya terkait seni urban bagi pengunjung. Agar semangat kolaborasi semakin meluas, Local Brand juga dirangkul untuk menggelar kompetisi mendesain barang-barang dagangan resmi Soundrenaline 2016 berhadiah Rp25 juta. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.