28 Januari 2018, Lombok Marathon

0
227
Marathon

MATARAM, Bisniswisata.co.id: Sprot tourism atau wisata olahraga terus bermunculan di Indonesia. Kini Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata NTB menggelar Lombok Marathon 2018. Event lari ini digelar di dua lokasi yaitu Pantai Sengingi dan kota tua Mataram NTB, pada 28 Januari 2018.

Tercatat sudah 5.000 pelari dari 15 negara dipastikan meramaikan Lombok Marathon. Event tahunan ini, semula dilaksanakan Desember 2017, namun dibatalkan lantaran erupsi Gunung Agung, Bali, akhirnya diundur menjadi 28 Januari 2018.

15 negara itu antara lain tuan rumah Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Kanada, Denmark, Tiongkok, Prancis, Jerman, Jepang, Malaysia, Kenya, Puerto Riko, Singapura, dan Ukraina. Bahkan, pihaknya memperkirakan jumlah pelari dan negara masih akan bertambah.

Pertama kali Lombok Marathon tahun 2016, mendapat smabutan luar biasa. Diharapkan dari kegiatan ini, dapat mendorong Pulau Lombok sebagai “sport tourism” di Indonesia. Mengingat, beberapa wisata olahraga yang digelar bukan hanya lari, namun juga golf, Paralayang, surfing dan lainnya.

Setelah Lombok Marathon, Dinas Pariwisata 2018 melanjutkan dengan event Rinjani 100 yang akan dilaksanakan Mei 2018. Event sport tourism lainnya di NTB antara lain kegiatan ini Trawangan Color Run, Grand Fondo New York, Surfing di Lakey, Golf Tournament di Sire dan Golong dan Kejuaraan Paralayang di Are Galing.

Kategori lomba Lombok Marathon ada 4 kategori, antara lain, nomor full marathon (42 Kilometer), half marathon (21 Kilometer), ekiden (tim empat pelari secara estafet), dan nomor-nomor hiburan 10 dan 5 kilometer. Untuk lari 42 K dan 21 K startnya di Pantai Senggigi, Lombok Barat. Sedangkan, 10 K dan 5 K start di kota tua Ampenan, Kota Mataram.

Bahkan, Lombok Marathon sudah disertifikasi oleh IAAF (International Association of Athletics Federations) dan AIMS (Association of International Marathons and Road Races. Total hadiah Lombok Marathon mencapai Rp300 juta. Selain mendapatkan uang tunai, para pemenang juga akan memperoleh medali dan piagam penghargaan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.