28 – 31 Mei 2016, Festival Pesona Benteng Otanaha

0
597
Benteng Otohana

GORONTALO, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Festival Pesona Benteng Otanaha pada di kawasan benteng Otohana, pada 28 – 31 Mei 2016. Tujuan festival untuk menarik kunjungan wisatawan ke ke benteng bersejarah yang terletak di Kelurahan Dembe
Kecamatan Kota Barat.

Juga untuk menarik investor masuk dan berkecimpung mengelola usaha peningkatan pelayanan terhadap pariwisata yang terus dikembangkan di Gorontalo.

Berbagai kegiatan digelar selama Festival Pesona Otanaha antara lain; pegelaran tarian daerah, stand up komedi daerah, kuliner tradisional “Duwo”, dan pameran expo industri kerajinan. Juga, karnaval budaya, lomba foto, dan “cross country”.

Festival Pesona Otanaha merupakan satu dari delapan agenda dalam kalender pariwisata yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Pemprov Gorontalo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kota Gorontalo tidak punya banyak obyek wisata alam, sehingga kami mengandalkan wisata budaya dan sejarah dengan menggelar kegiatan nasional di situs cagar budaya itu.

Pengembangan pariwisata bukan hanya tugas pemda, tetapi membutuhkan peran besar pihak swasta agar lebih profesional dalam mengelola suatu obyek wisata. Peran pemerintah cukup 30 persen saja. Kalau lebih dari itu maka bisa jadi pemerintahnya gagal mendorong swasta untuk menggerakkan sektor pariwisata

Benteng Otanaha merupakan benteng yang dibangun Raja Ilato pada tahun 1512 hingga 1525 Masehi. Pembangunan benteng tersebut didasari prakarsa adanya kapal-kapal Portugis yang singgah di Pelabuhan Gorontalo.

Bangunan benteng terbuat dari pasir gunung, batu karang, diduga juga menggunakan putih telur burung Maleo sebagai perekat pengganti semen. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY