28 – 30 Oktober 2016, Tour de Linggarjati II

0
641

KUNINGAN, bisniswisata.co.id: Merayakan Hari Jadi Kuningan ke-518, sekaligus Peringatan 70 Tahun Perundingan Linggarjati, Pemerintah Kabupaten Kuningan Jawa Barat menggelar 3 acara besar, yaitu: Hari Jadi Kuningan, Festival Linggarjati, dan Tour de Linggarjati, yang diselenggarakan pada 28-30 Oktober 2016.

Tahun 2016, Setidaknya 10 tim mancanegara akan turut serta. Setiap tim terdiri dari 5 pebalap dan 3 staff official sehingga diprediksi ada lebih 100 orang terlibat di dalam kejuaraan ini. Tour de Linggarjati II tidak hanya ditonton oleh warga Kuningan dan Jawa Barat namun juga perwakilan kedutaan dan keluarga para pelaku Peerundingan Linggarjati dari berbagai negara.

Tour de Linggarjati II terdiri dari 3 etape dengan menempuh jarak lebih dari 345 kilometer. Titik start dan finish di depan Kantor Pemkab Kuningan, sementara rute yang dilewati adalah Taman Kota-Simpang Gotong Royong-Juwita-Cigugur-Gunung Keling-KIC-Bundaran Cihoho. Sebanyak 100 desa dan 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan akan dilewati.

Jalurnya juga cukup menantang menawarkan kontur tanah yang beragam berupa tanjakan, turunan dan belokan tajam. Kabupaten Kuningan siap menyuguhkan rute dengan lanskap natural yang menjadi kepuasan tersendiri bagi pebalap.

Kuningan adalah salah satu kota kecil yang keasriannya masih terjaga. Letaknya di ujung perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kabupaten Kuningan berada di bagian timur Jawa Barat dengan ciri daerah dikelilingi pegunungan. Kabupaten ini berbatasan dengan Cirebon di sebelah utara, Brebes di sebelah timur, Ciamis di sebelah selatan dan Majalengka di sebelah barat.

Daerah Kuningan memiliki tanah yang subur, dipengaruhi oleh tanah vulkanik Gunung Ciremai dimana merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Untuk menyempurnakan wisata pengunjung, kabupaten ini menawarkan sentra industri yang kaya akan produk khas seperti sari jeruk nipis khas Kuningan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY