27 November 2016, Jazz Merapi Nite Festival

0
348

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar pementasan musik jazz bertajuk Merapi Nite Festival di kawasan relokasi korban erupsi Merapi Hunian Tetap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan Sleman Jawa Tengah, pada Ahad 27 November 2016.

Acara ini untuk menumbuhkan ikonik pagelaran musik yang digagas pemerintah daerah. Seperti di Jawa Timur ada Jazz di Gunung Bromo, atau jazz di tengah hutan seperti di Bogor.
Festival ini sebagai upaya mengembangkan potensi seni dan budaya yang dapat mendukung sektor pariwisata di DIY. Pementasan ini nantinya akan digelar secara rutin setiap tahun di lereng Gunung Merapi. Mengingat, kawasan lereng Gunung Merapi saat ini telah menjadi destinasi wisata unggulan.

Merapi Jazz yang digelar terbuka untuk umum secara gratis ini, dikemas dalam bentuk sajian musik jazz etnik dan akan menonjolkan citarasa budaya dan “local wisdom”. “Bintang tamu penyanyi Iga Mawarni serta gitaris Kadek Mahardika dan komunitas Jazz Mben Senen akan dihadirkan sebagai daya tarik bagi penikmat musik jazz.

Dalam event ini juga akan menghadirkan beragam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari lereng Merapi serta 51 kelompok lintas komunitas. Tujuannya untuk memberikan efek ekonomi masyarakat setempat.

Hingga sekarang ini, DIYogyakarta belum memiliki agenda musik jazz ikonik yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Gelaran Merapi Nite Festival yang menggambil dana dari APBD Perubahan DIY ini dirancang sebagai event tahunan dan nantinya tentu saja diharapkan bisa menjadi ikon konser jazz DIY dan diakui secara nasional. Nantinya, event ini bisa didaftarkan ke Kementerian Pariwisata sebagai kalender event nasional.

Pemilihan lokasi di lereng Merapi ini, diharapkan bisa mendukung peningkatan kunjungan ke destinasi wisata di Lereng Merapi, semisal ke desa-desa wisata dan objek lainnya. Dengan event ini untuk menciptakan skala prioritas dari destinasi dan kunjungan wisatanya dengan target 10.000 pengunjung.

Jazz Lereng Merapi akan dimulai pukul 19.00 dan rencananya dibuka Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X. Pagelaran ini disiapkan untuk menjadi salah satu ikon event pariwisata budaya di DIY. Juga selama ini event budaya pada malam hari di kawasan Sleman sangat minim. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY