27 Februari – 6 Maret 2016, Pesta Durian Nusantara

0
593
Durian Fair 2016 (Foto: kompas.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: BERBAGAI durian dari penjuru Indonesia hadir menyemarakkan Pesta Durian Nusantara atau Durian Fair 2016 yang diadakan di Teras Berlian Blok M Square, Jakarta Selatan, mulai Sabtu (27/2/2016) hingga Minggu (6/3/2016).

Ada Durian Kholil dari Mijen Semarang. Ada juga Durian Matahari dan Jabrix dari Rancamaya Bogor, Durian Bawor dari Banyumas, Durian Si Fajar dari Pandeglang, Durian Si Galuh dari Banjarnegara dan durian unggul lainnya. durian Merah dari Banyuwangi.

Selain durian terdapat juga beberapa stan yang menjual bibit unggul durian, dari bibit durian petruk, hingga musangking dan pelangi dengan harga tertinggi. Sayangnya berbagai jajanan olahan sudah ludes dibeli para maniak durian sejak pukul 11.00 WIB.

Memang, pengunjung bisa menemukan sekitar 20 jenis durian unggul dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain itu juga makanan berbahan durian antara lain pancake, es krim dan sup durian.

Namun, jangan khawatir, beberapa stan seperti sop surian, dan ice cream durian, masih akan di-refill oleh pemilik stan. Setiap durian yang datang dari berbagai daerah, dilombakan di sini sejak pagi hari.

Ada tiga juri yang menilai, yaitu Mohamad Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara, Agus Sutadi dari Komunitas Maniak Durian, dan Tarjono mantan redaksi senior Trubus. Serta juri undangan yakni Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Irmansyah.

Pemenang pertama ialah Durian Si Rouf dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Kedua, Durian Gondang dari Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ketiga, Durian Fajar dari Pandeglang, Banten.

Sedang durian favorit ialah Durian Si Wong dari Baros, Pandeglang, Banten. Kategori khusus yang dipilih Wakil Wali Kota Jaksel yaitu Durian Si Pandan, Bogor Selatan, Jawa Barat. Lima durian terbaik tersebut dilelang kepada para pengunjung.

Pesta Durian ini, rencananya akan digelar setiap tahun dan menjadi kalender tetap wisata Jakarta Selatan. Tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan agar datang ke wilayah Jakarta Selatan. (*/E)

LEAVE A REPLY