27-30 April 2015, Pekan Budaya Dayak Kaltim

0
2476

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Komunitas penjaga budaya – Sekar Nusa Jakarta kembali menggelar Pekan Budaya Dayak Kalimantan TImur (KalTim), di Museum Nasional Jakarta, pada 27-30 April 2015. Sekitar 1.000 siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 3-5 yang ada 20 sekolahan di Jabodetabek, bakal dilibatkan dalam event tahunan sejak tahun 2011.

Dilibatkannya bocah SD untuk mendidik, mengenal sekaligus mencintai budaya nusantara. Juga memang butuh banyak stimulan tentang akar budaya bangsanya sendiri yang sangat kaya se-Nusantara dengan adat istiadat, yang beraneka ragam sehingga pasti bermanfaat di masa mendatang.

Tahun 2015, para pelajar cilik itu dikenalkan budaya Dayak mulai dari tari, pakaian tradisional, makanan khas sampai tentu saja yang akan mengasyikkan mereka adalah varian musik tradisional yang beragam.

Selain itu, anak-anak SD ini diajarkan bagaimana merangkai kerajinan masyarakat Dayak, menyanyikan lagu burung serta ada cerita rakyat yang dapat mereka nikmati di dalam satu kawasan dengan zona, yang berbeda satu sama lain

Ada yang menarik di acara ini, karena April mendatang juga adalah ulang tahun 237 Museum Nasional dan sudah memasuki tahun ke-3 sampai 2015 pencanangan Gerakan Nasional Cinta Museum. Mengingat, museum sebagai etalase budaya masa lalu untuk dapat memotret kekinian sebuah peradaban adalah aset yang paling berharga bagi generasi kini dan mendatang. ****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.