27 – 29 Februari 2016, Festival Wonderful Indonesia di Perbatasan

0
505
Bimbo bakal meramaikan Festival Wonderful Indonesia

ARUK KALIMANTAN BARAT, test.test.bisniswisata.co.id: MASYARAKAT yang tinggal di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia, memang haus hiburan. Karena itu, Kementrian Pariwisata menggelar event musik dan festival bertajuk Festival Wonderful Indonesia yang akan diselenggarakan di daerah perbatasan Aruk, Kalimantan Barat dengan Kuching, Malaysia, pada 27 – 29 Februari 2016.

Acara akan dimeriahkan artis Indonesia yang terkenal di Malaysia sejak era 70-an, seperti Said Effendi yang ngetop dengan lagu Fatwa Pujangga pada 1957. Ada juga Koes Bersaudara yang mendominasi tangga lagu popular di radio Malaysia dan Singapura dengan lagu Pagi Indah dan Oh Kau Tahu.

Artis lainnya yang siap meramaikan yaitu Alfian, Lilis Syarif, Tiar Ramon, Emilia Contessa, Inneke Kusumadewi, Aida Mustafa, Bimbo, Khatanti Yosepha (Tanti Yosepa) dan Wirdaningsih.

Tak bisa dipungkiri, karya seniman musik dan film Indonesia lebih berwarna, berselera, dan lebih universal dibandingkan negara tetangga Malaysia. Buktinya, banyak group musik dan artis Indonesia yang lebih ngetop di Negeri Jiran itu. Beberapa selebriti seperti Rossa, Krisdayanti, Syahrini, Raisa, Afgan, Judika, Cakra Khan, Sheila On 7 dan Noah juga sangat popular di Malaysia.

Dengan digelarnya festival musik ini, maka cultural value bisa menjadi commercial value dengan bungkus pariwisata. Dengan kata lain perbedaan value ini sebagai peluang mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia

Apalagi musik Indonesia diterima baik di Malaysia karena lebih bagus. Karenanya, musik dapat digunakan untuk menggaet wisatawan masuk ke Indonesia. Terutama di daerah perbatasan. Setelah wisatawan masuk ke Indonesia, barulah dikenalkan cultural value yang lain, seperti kuliner dan kunjungan ke beberapa objek wisata yang ada di sekitar daerah itu.

Destinasi wisata di Aruk, Sambas, Kalimantan Barat, ada Air Terjun Riam Merasap. Panoramanya sangat menawan. Air Terjun Riam Merasap memang belum terkenal seperti objek wisata di Bali, Bintan atau Jakarta. Tetapi, di sana telah tersedia kantin, penginapan, kawasan offroad, toko oleh-oleh, arung jeram, dan budidaya keramba. (*/e)

LEAVE A REPLY