Rina Chas: Bangka Belitung Bisa Jadi Magnet Baru Bagi Wisman Timteng

0
93

PANGKAL PINANG, BANGKA, bisniswisata.co.id:  Kehadiran Jelajah Galang Group Tour and Travel (GG T & T ) berpartisipasi pada Pelangi Travel Mart ( PTM) 2017 yang diselenggarakan DPD ASPPI akan membantu mempromosikan paket wisata Bangka Belitung ke pasar Timur Tengah.

“Alhamdulilah setelah mengikuti table top Pelangi dan mengikuti post tour di Bangka kami optimistis bisa menjaring wisatawan dari Timur Tengah berwisata ke provinsi Bangka Belitung,” kata Rina Chas, Dirut Jelajah Galang Grup Tour & Travel, hari ini.

Kegiatan yang berlangsung di Pangkal Pinang, ibukota provinsi Bangka Belitung ini memiliki obyek-obyek wisata yang disukai oleh wisatawan Timur Tengah seperti Pantai Parai Tenggiri.

Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

Tak terkecuali lahan bekas galian tambang timah yang bertebaran menganga lebar di pulau penghasil timah ini. Salah satu yang sedang ramai dikunjungi wisatan adalah Camoi Aek Biru. Sebagaimana namanya, air di danau mini ini berwarna biru memukau.

“ Sebagai buyer kami mendapat kesempatan mengunjungi Bangka Botanical Garden, Danau Kaolin dan Pantai Parai Tenggiri serta pantai lainnya seperti pantai Pasir Padi tempat wisata kuliner seafood. Wisatawan Timteng suka alam yang hijau dan juga pantai,” kata Rina Chas yang populer dipanggil Onyai ini. Keindahan pantai jadi daya tarik wisatawan Timteng

Keindahan pantai jadi daya tarik wisatawan Timteng

Itulah sebabnya dia optimistis bisa menjaring wisman dari Timteng ke Babel sebagai destinasi baru.Tahun lalu travelnya baru menjaring 200 an wisatawan Timteng, itupun paket yang disukai baru ke Bandung dan Bali.

“Walaupun jumlah kunjungan wisatawan dari Timur Tengah ke Indonesia tergolong kecil tetapi jumlah pengeluaran mereka justru lebih besar dibandingkan rata-rata wisatawan dari negara lain,” ungkapnya.

Selama penyelenggaraan Pelangi Travel Mart 2017, pengenalan buyer pada obyek wisata setempat membuat pihaknya optimistis untuk bisa mengemas paket bagi pasar Timteng,” kata Rina Chas yang menangani MICE, Umroh dan haji, wisata halal dan domestik selain sebagai provider visa Arab Saudi.

Babel bisa menjadi family destination bagi wisman Timteng yang suka berwisata dengan segenap anggota keluarga bahkan dengan asisten rumah tangga dan supir karena faktor alamnya yang hijau serta keindahan pantai. Oleh karena itu Pemprov Babel perlu mempromosikan destinasi wisatanya ke segmen pasar ini.

“Pahami juga karakteristik wisman Timteng lainnya misalnya traveling season adalah bulan Mei – November dimana temperatur / suhu udara di negaranya meningkat secara bertahap di musim panas hingga mencapai 50 derajat celcius sehingga mereka memilih tujuan wisata yang sejuk dengan pemandangan indah.

“Promosi yang kuat untuk negara-negara di Timur Tengah adalah dari mulut ke mulut atau “word of mouth” sehingga jika ada orang yang merasa senang wisata di Babel, nantinya dia akan cerita ke teman-temannya juga sanak saudara.

Liburan panjang Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan rombongan di Bali Maret lalu berdampak positif bagi Indonesia sebagai tujuan wisata. Keuntungan dari menjaring wisatawan Timur Tengah adalah jika mereka sudah sekali saja merasa puas dengan suatu destinasi wisata, mereka tidak akan ragu untuk datang kembali ke destinasi tersebut.

“ Jadi kalangan industri pariwisata Babel dan Pemprov harus mampu melayani wisman Timteng dengan baik sehingga mereka akan menjadi duta-duta wisata bagi Babel juga,” tandas Rina Chas. ( Hilda Ansariah Sabri).

 

LEAVE A REPLY