26 OKtober 2014, Festival Seni Qasidah Ambon

0
818
Seni Qosidah

AMBON, test.test.bisniswisata.co.id: Ambon kembali menggelar Festival Seni Qasidah. Event tahunan yang sudah menjadi kalender tetap wisata ini, kini akan digelar di kabupaten maluku Tengah pada 26 Oktober 2014 mendatang.

“Festival seni qasidah memiliki makna strategis sebagai bagian pembinaan umat, hendaknya dimaknai sebagai media dakwah yang bertujun untuk membina dan membangun umat,” papar Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, kemarin.

Festival qasidah harus menjadi sarana menangkal masuknya budaya negatif dari luar serta meningkatkan daya saing seni qasidah dengan seni musik modern lainnya, tambahnya.

Upaya peningkatan daya saing seni qasidah terhadap seni musik modern lainnya merupakan tanggung yang harus diemban Lembaga Seni Qasidah (Lasqi), sebagai lembaga yang diberi tugas dan tanggung jawab mengembangkan seni qasidah.

“Kekhasan seni qasidah terletak pada perpaduan musik trasdisional, lokal dan padang pasir, sebagai wujud perpaduan antara budaya lokal dan Islam, serta memiliki pangsa pasar yang cukup besar sekalipun masih terbatas di kalangan masyarakat tradisional,” ujarnya.

Richard mengatakan, seni qasidah juga merupakan kesenian tradisional Islam yang populer, disamping seni hadrah, marawis dan nasyid serta kesenian lainnya.

Festival seni qasidah, katanya, merupakan wujud komitmen untuk menggali potensi tersembunyi pemuda dan remaja, untuk mengeksplorasi kemampuan olah vokal guna menghasilkan penyanyi qasidah yang memiliki kualitas baik.

“Sekaligus harmonisasi sosial untuk meperkuat ukhuwah Islamiyah masyarakat, serta menjadikan ajang festival seni qasidah sebagai media dakwah untuk mengarahkan generasi muda menyalurkan bakat dan potensi,” katanya.

Pelaksanaan event ini direncanakan selama 3 hari tidak sekedar dilaksanakan melaikan harus dimaknai sebagai upaya daqwah untuk membina umat dan masyarakat untuk meneladani ajaran agama dengan baik. ****

LEAVE A REPLY