25 Februari 2018, Pagelaran Wayang Orang “Srikandi Nekat”

0
592
Pemain wayang orang Srikandi Nekat (Foto: Viva.co.id)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menghidupkan kesenian tradisional Wayang Orang, memang tidak semudah membalikkan tangan. Butuh perjuangan, butuh jalan panjang, butuh semangat, keseriusan dan kepedulian yang tinggi untuk membangkitkan kembali seni Wayang Orang yang selama ini mati suri.

Untungnya masih ada sanggar yang peduli. Sanggar Cita Prasanna yang bernaung dibawah Yayasan Retno Sekar Budoyo yang membangkitkan kembali wayang orang dengan menggelar pementasan Wayang Orang berjudul Srikandi Nekat. Pagelaran ini bakal berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada 25 Februari 2018.

Pagelaran wayang orang ini untuk menyambut peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Juga Pergelaran Wayang Orang “Srikandi Nekat” ini merupakan trade event yang ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air serta melestarikan budaya khususnya pada generasi millennials.

Pementasan wayang orang kali ini terbilang unik karena menggunakan perpaduan antara Bahasa Jawa dengan Bahasa Indonesia agar lebih kekinian sehingga bisa diterima generasi milenial. Pergelaran ini merupakan trade event di mana kami ingin menumbuhkan rasa cinta Tanah Air serta melestarikan budaya khususnya pada generasi milenial.

Perhelatan ini nantinya juga bakal melibatkan para pemain dari berbagai usia dan profesi, mulai anak-anak, orang tua, anak muda, para artis, atlet nasional, dan penari-penari profesional dari grup wayang Bharata.

Dari kalangan selebritas diantaranya Dessy Mulasari, Indra Bekti, Maudy Koesnady, Ivy Batuta, Paquita Widjjaja, Leona ‘The Voice’, Nikita Mirzani, Nia Dinata, Bambang Pamungkas, Senklotta, dan Deasy Noviyanti.

Bagi Nikita Mirzani, bermain dalam pementasan wayang orang merupakan pengalaman perdana. Ia sangat antusias ketika mendapatkan tawaran tersebut. “Jujur, belum pernah main wayang orang. Ini yang pertama. Pokoknya hal-hal mengenai wayang belum pernah. Excited banget,” ujar Niki.

Menariknya, desainer kenamaan Anne Avantie juga turut ambil bagian dalam pementasan ini. Ia turut memberi sentuhan fashion bagi para pemain. Hasil dari pagelaran ini nantinya bakal disumbangkan untuk membantu Yayasan Wisma Kasih Bunda milik Anne Avantie.

Cerita dalam pagelaran ini berpusat pada tokoh Srikandi, yang dengan nekatnya memperjuangkan tokoh Arjuna. Menariknya Srikandi Nekat memperpadukan unsur seni budaya wayang, musik, hingga fesyen. Sehingga kemasannya pun lebih segar. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.