24 Oktober – 4 November 2015, Festival Tabot di Bengkulu

0
2147
Festival Tabot

BENGKULU, test.test.bisniswisata.co.id: BENGKULU kembali menggelar Festival Tabot 2015. Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, yang punya acara berupaya melakukan promosi secara gencar agar mendapat perhatian wisatawan. Festival seni, budaya dan wisata ini bakal dilaksanakan selama 10 hari 24 Oktober-4 November 2015, di Kelurahan Kampung Cina, Kota Bengkulu.

Guna menyukseskan acara kalender tetap tahun Dinas Pariwisata Bengkulu, telah disiapakan dana APBD sebesar Rp 500 juta.

Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival Tabot selain pelaksanaan ritual, di antaranya perlombaan pukul dol bagi anak- anak, tari kreasi, rebana se-Provinsi Bengkulu, termasuk perlombaan putri hijab dan lagu perjuangan untuk pelajar hingga lomba Tabot Pembangunan.

Juga ada lomba berbagai kesenian dan tari tradisional dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Hal ini dilakukan agar kesenian tradisional masyarakat Bengkulu tetap lestari.

Tabot sendiri merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tentang kisah heroik kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala, Irak pada 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).

Perayaan di Bengkulu pertama kali dilaksanakan oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada 1685. Syeh Burhanuddin (Imam Senggolo) menikah dengan wanita Bengkulu kemudian anak mereka, cucu mereka dan keturunan mereka disebut sebagai keluarga Tabot. Upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharram (berdasar kalendar islam) setiap tahun. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY