24 Juni 2014, Festival Dulag Lebaran 2017

0
140

PURWAKARTA, Bisniswisata.co.id: Imbauan agar tidak melaksanakan takbir keliling di jalanan dengan memukul bedug, tampaknya tidak berlaku di Purwakarta. Kota kabupaten di Jawa Barat ini, malah mengelar Festival Dulag Lebaran 2017 yang berlangsung pada malam takbiran, Sabtu 24 Juni 2017.

Sebanyak 999 dulag atau beduk dipastikan meramaikan Festival Dulag Lebaran 2017. Pesertanya berasal dari dinas/instansi pemerintahan, BUMN dan BUMD, kecamatan, desa dan kelurahan serta masyarakat umum.

Lokasi festival dipusatkan di sepanjang ruas jalan Kolonel Kornel Singawinata yang merupakan teras destinasi wisata Kota Purwakarta. Selain menyemarakkan malam takbiran, festival ini diharapkan menyedot banyak pelancong lokal dan regional, mungkin juga pelancong asing. Mengingat, Festival Dulag sudah menjadi agenda tahunan yang dihelat setiap malam takbiran.

Dulag merupakan legenda dalam tradisi dan kebudayaan Sunda. Kecuali dijadikan sebagai penanda datangnya setiap waktu salat, selama bulan Ramadhan dan datangnya malam takbiran juga ditabuh dengan cara diarak keliling kampung.

Karena itu, Purwakarta memberikan ruang dan kreasi untuk tradisi ngadulag atau seni menabuh bedug itu dengan menggelar festival untuk kedelapan kalinya. Berbagai kategori lomba mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, Desa/Kelurahan dan komunitas warga masyarakat.

Dari masing-masing kategori tersebut akan dipilih juara 1,2 dan 3. Selain itu, pihak panitia juga telah menyiapkan sebanyak 20 hadiah hiburan bagi peserta yang terpilih oleh Dewan Juri. Masing-masing kategori itu harus memenuhi kriteria harmonisasi, dekorasi dan penampilan. (*/day)

LEAVE A REPLY