24 Januari 2016, Festival Durian Ndirun Banjarnegara

0
670

BANJARNEGARA, test.test.bisniswisata.co.id: KELEZATAN dan Kenikmatan durian Banjarnegara sudah dikenal wisatawan yang berwisata ke daerah di Jawa Tengah ini. Untuk mengingatkan kembali kepada wisatawan yang gemar durian, digelar Festival Durian Ndirun yang digelar di Dusun Ndirun Desa Singamerta Banjarnegara, Jawa Tengah, pada 24 Januari 2016.

Festival ini. merupakan bagian dari promosi potensi hasil perkebunan yang dimiliki kabupaten juga mengangkat potensi pariwisata dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Memang, Dusun Ndirun merupakan daerah penghasil durian karena seluruh warganya memiliki pohon buah berduri itu, dan duriannya mempunyai kekhasan tersendiri. Jika durian daerah lain hanya mengandalkan ukurannya yang besar, tetapi durian Ndirun selain berukuran besar juga memiliki rasa yang khas dan memiliki banyak varian. Rasanya juga ada yang manis, pahit, dan agak asam.

Selain itu, buah durian Dusun Ndirun bukan hasil dari pencangkokan melainkan pohon yang tumbuh secara alami sehingga pohonnya tinggi-tinggi.

Berdasarkan pendaftaran yang dilakukan secara online atau daring hingga Jumat (22/1) malam, untuk pengunjung VIP yang telah mendaftar sekitar 100-an orang wisatawan nusantara. Jumlah tersebut belum termasuk calon pengunjung reguler.

Selain makan durian sepuasnya, pengunjung Festival Durian Ndirun juga dapat menyaksikan pergelaran Bossanova Jazz dan kesenian tradisional, mengikuti lelang durian yang akan digelar pada Ahad (24/1).

Selain Festival durian, Banjarnegara juga memiliki sederet destinasi wisata yang sangat menarik. Obyek wisata yang ada di Banjarnegara, antara lain: Obyek Wisata alam Dataran Tinggi Dieng, Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas, Arung Jeram Sungai Serayu, Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Selain itu, Curug Pitu, Surya Yudha Park, Serayu Park, Curug Muncar, Gunung Tampomas, Gunung Lanang dan Wadas Tumpang. (*/e)

LEAVE A REPLY