22 – 30 April 2016, Pameran Seni Rupa “Pandora”

0
955
Lukisan Karya Komunitas Dunia 22 Ibu

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Bertepatan dengan Hari Kartini, Komunitas Dunia 22 Ibu menggelar pameran seni rupa bertajuk Pandora di Bentara Budaya Jakarta, pada 22 hingga 30 April 2016. Melalui pameran ini, para perupa yang berdomisili tersebar di Bandung, Cimahi, Jakarta, Banten dan Dubai berniat menggali lebih jauh potensi medium yang dieksplorasi melalui karya drawing, lukisan, objek, juga instalasi.

Komunitas Dunia 22 Ibu merupakan salah satu komunitas yang cukup aktif. Anggota komunitas tersebut terdiri dari para pelukis perempuan dan memiliki latar pendidikan seni rupa. Komunitas Dunia 22 Ibu mengusung semangat untuk memberikan wadah bagi para perempuan yang memiliki profesi ganda yaitu sebagai pendidik seni rupa dan sekaligus perupa.

Dalam mitologi Yunani, Pandora adalah perempuan pertama yang tercipta di bumi, dan merupakan hasil kolaborasi para dewa atas titah dewa tertinggi Zeus. Pandora memiliki makna ‘menerima banyak hadiah’ dan keistimewaan dari dewa tertinggi.

Pameran yang bertajuk Pandora ini memiliki dasar pemikiran upaya para perempuan perupa untuk melakukan resepsi dan olah tafsir sejalan dengan tumbuhnya pertanyaan-pertanyaan atas mitologi Yunani tersebut.

Harapannya, tafsir tersebut dapat menumbuhkan suatu ajakan untuk meraih perspektif yang lebih kaya dalam menggali permasalahan kehidupan sebagai perempuan, terutama di era modern seperti saat ini. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY