21 Maret 2018, Pesta Kuliner Good France

0
57
Sarapan pagi di hotel (Foto:Konfrontasi)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Keempat kalinya pesta kuliner Perancis, Gout de France atau Good France kembali digelar. Para pencinta kuliner akan kembali bisa merasakan kenikmatan dan kelezatan makanan asal Perancis. Event menarik ini bakal diselenggarakan secara serentak di 10 kota Indonesia, pada 21 Maret 2018.

Sepuluh kota di Indonesia itu, antara lain: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa. Kuliner khas Perancis ini akan ada di beberapa restoran partisipan akan secara serentak menyajikannya kuliner secara spesial.

Berbeda dari gelaran sebelumnya, tahun 2018 ini Good France mengusung aneka kuliner dari kawasan barat daya Perancis, Nouvelle Aquitaine. Orang sudah terlanjur akrab dengan Paris, Bordeaux atau Starsbourg tapi masih asing dengan Nouvelle Aquitaine.

Wilayah ini justru kawasan pertanian yang penting bagi Prancis. Juga lahir produk kuliner terkenal Perancis antara lain foie gras, cabai Espelette dan kerang Oleron. “Acara ini menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Perancis yang jadi warisan budaya dunia,” ungkap Jean-Charles Berthonnet, Dubes Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Rabu (14/03/2018).

Tahun 2010, UNESCO menetapkan gastronomi Perancis terdaftar sebagai warisan budaya nonbenda. Pengakuan UNESCO ini bisa menjadi alat diplomasi kuliner Perancis untuk lebih dikenal, lebih populer dan lebih mendunia. Bukan hanya di Indonesia, Good France juga digelar lebih dari 150 negara dan tiga ribu lebih restoran.

Gelaran ini bakal jadi makan malam terbesar di dunia dan menunjukkan bahwa gastronomi Perancis mampu menyatukan banyak orang. Di antara 40 restoran yang turut berpartisipasi, sebanyak 15 restoran dari Jakarta.

Di antaranya yakni, Amuz Gourmet, Anigre Restaurant, Garcon, Olivier, Restaurant Emilie, Avec Moi Restaurant and Bar, Orient8 (Hotel Mulia Senayan), Bistro Baron, Sea Grain (DoubleTree by Hilton), Oku Japanese Restaurant (Hotel Indonesia Kempinski), Ninety-Nine Restaurant, AMKC Atelier, Frank’s Bar & Smokehouse, Lyon dan Maple & Oak.

Seiring dengan tema yang diusungnya, restoran partisipan di Good France 2018 menyajikan sajian khas, bercita rasa Perancis khususnya wilayah Nouvelle Aquitaine. Baik klasik maupun fushion alias ada padu padan dengan cita rasa khas Indonesia.

Gaya masakan klasik, misalnya ditunjukkan Amuz Gourmet. Restoran ini menyajikan beberapa menu mulai appetizer berupa Welcome Freshly Baked Gougeres berupa udang berbalut timun, salmon dan kacang gazpacho. Menu utamanya Honey Roasted Duck Magret, Foie Gras Cromesqui. Sebagai penutup, orang pasti tak asing lagi dengan dessert khas Prancis: Orange Creme Brulee.

Berbeda Amuz Gourmet, Ninety-Nine Restaurant mencoba hal yang unik yakni memadukannya dengan cita rasa Indonesia. Chef Peter mengatakan ia akan menyajikan Tarte Kacang dengan Gado Gado Salad yang dicampur dengan bumbu gado-gado. Selain itu juga terdapat Sop Buntut, Rawon Ravioli Terbuka yakni campuran sop buntut dan rawon.

Tak kalah unik ialah Coq Au Vin dengan Anggur Merah Bali, Chesnut, Wortel, Jamur Tiram, Nasi Sereh, Kacang Kapri, Bayam Merah. Sajian ini menggunakan ayam jago yang telah dimarinasi dengan anggur merah Bali. Sebagai dessert terdapat Kelapa Jawa Creme Brulee dengan Pandan Es Krim dan Biskoti Kelapa. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY