2018, Singkawang Bangun Bandara Demi Gaet Wisatawan

0
255

PONTIANAK, Bisniswisata.co.id: Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie optimis masa kepemimpinannya hingga lima tahun ke depan akan memprioritaskan pembangunan bandara sekaligus pembenahan bidang pariwisata di kota yang terletak di Kalimantan Barat.

“Bandara, paling telat Mei 2018 dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan. Ini menjadi salah satu program prioritas kita, karena bandara memiliki peran penting dalam mempercepat pembangunan suatu daerah, juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara,” kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Rabu (20/12/2017).

Untuk menopang perekonomian di kota itu, pihaknya juga akan memaksimalkan sektor wisata yang ada, di mana salah satunya dengan membangun lokasi-lokasi wisata baru. “Untuk menunjang pariwisata dibangun taman gayung bersambut yang terletak di depan Kantor Wali Kota Singkawang. Sehingga di bulan Januari nanti kita sudah mulai membangun taman kota ini,” katanya.

Menurutnya, pembangunan taman gayung bersambut sama sekali tidak menggunakan APBD Kota Singkawang. Namun, menggunakan dana pihak ketiga, yang sudah digandeng oleh pihaknya. Di samping cerita pembangunan, dia bersama Irwan juga tentunya tidak akan mengesampingkan visi misi yang lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan sebagainya.

“Sehingga apa yang menjadi visi dan misi Tjhai Chui Mie dan Irwan bisa terakomodasi menjadi program dan berjalan pada tahun 2018.
Secara garis besar, selain apa yang telah menjadi visi dan misi program “Chair”, dan hasil dialog bersama dengan warga saat kampanye tentu menjadi prioritas. Yang jelas program yang pro rakyat akan dilanjutkan,” tegasnya.

Tercatat ada 27 obyek wisata di wilayah Singkawang. Kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Singkawang. Singkawang punya banyak Spot objek wisata keren. Mulai wisata budaya, wisata danau, cagar alam, peninggalan sejarah, wisata air terjun, wisata bahari hingga atraksi wisata yang unik dan menarik.

# Wisata Pantai

Singkawang memiliki beberapa pantai dan menjadi tempat wisata primadona bagi masyarakat Kalbar dan turis dari luar Kalimantan. Hal ini disebabkan karena kemudahan akses dan keindahannya yang dapat diacungi jempol. Waktu Perjalanan dari Pontianak ke tempat wisata di Singkawang ini kurang lebih 3 jam lamanya. Berwisata kunjungi pantai memberikan pemandangan luas, damai, aman, tentram, bebas, sejuk juga panas saat siang bolong. Singkawang punya Pantai Sedau, Kijing, Singka, Palm Beach, Batu Burung, Kura-kura, Tanjung Bajau, Pasir panjang hingga batu payung.

# Wisata Danau

Jangan samakan Danau di Singkawang dengan danau umummnya. Sejarah terbentuk danau di Singkawang sangat panjang. Awalnya, tempat itu hanyalah daerah gersang yang dulunya digunakan sebagai lahan pertambangan emas oleh warga. Saat emas tidak ditemukan lagi, kawasan itu ditinggalkan begitu saja oleh para penambang. Untungnya, pertambangan yang ditinggalkan membentuk danau indah juga menjadi obyek wisata. Danau di Singkawang ada Danau Biru, Danau Serantayan dan Tador Indah.

# Wisata Air Terjun

Singkawang ternyata menyimpan beberapa air terjun cantik yang siap mengisi waktu berlibur. Singkawang memang terkenal dengan wisata alamnya yang cantik, airnya jenih, sejuk, alami dan menakjubkan. Umumnya air terjun di Singkawang masih alami dan belum dikelola secara profesional. Padahal ini menjadi daya tarik tempat wisata alam yang paling digemari traveler. Tidak ada tarif khusus untuk masuk kawasan ini. Pengunjung yang datang hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang mereka gunakan. Tercatat ada lima air terjun di Singkawang yakni Air Terjun Eria, Sibohe, Sariung, Pajintan serta air terjun Gunung Poteng.

# Wisata Taman
Wisata taman merupakan destinasi wisata buatan. Singkawang ternyata memiliki sederet wisata buatan berupa taman yang indah, menarik dan asyik untuk dikunjungi. Selain lokasinya sangat strategis dan tidak sulit dijangkau menjadikan taman ini selalu ramai pengunjung. Biasanya taman ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari untuk bersantai bersama sahabat maupun keluarga. Juga karena taman ini sudah ditata sedemikian untuk sehingga tampak menarik seperti adanya tempat bersantai, bunga buatan dean masih banyak lagi sehingga sangat bagus untuk yang suka foto-foto. Taman di Singkawang antara lain Taman Cinta Pajintan, Taman Burung, Taman Gunung Sari, Gayung Bersambut, Batu Belimbing, Bukit Bougenville dan taman Chidayu.

# Wisata Bahari
Wisata bahari di Singkawang memang tampil beda. Memiliki keunikan tersendiri baik dari Kondisi Alam, Sosial Kemasyarakatan dan Kultur budayanya. Saat melancong ke Pulau berbagai aktifitas bisa dijalanakan. Menangkap ikan, menyaksikan matahari terbit, bermain pasir
melakukan diving/menyelam menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Tak bisa dipungkiri kondisi alam yang sangat terjaga secara alami, membuat air laut di sekitar Pulau sangatlah jernih sehingga memudahkan kita untuk menikmati pemandangan dasar lautnya. Pulau di Singkawang antara lain ada Pulau Lemukutan, Randayan dan Simping. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.