2018, Mesir Targetkan Kunjungan Wisatawan 12 Juta Orang

0
94
Gunung Sinai Mesir

MESIR, bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan mancanegara ke negara Timur Tengah trendnya terus melonjak. Mesir, salah satunya menjadi destinasi populer bagi wisatawan asing. Tercatat ada hampir 25 obyek wisata di Mesir dengan menawarkan bangunan kuno bersejarah hingga menikmati gurun-gurun pasirnya, ternyata mampu memberi daya tarik bagi pelancong asing untuk datang.

Tahun 2018, Pemerintah Mesir mentargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 12 juta wisatawan. Target itu mengalami kenaikan 40 hingga 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Target itu optimis tercapai, mengingat destinasi wisata Mesir saat ini banyak dikunjungi wisatawan baru dari Inggris dan Ukraina yang datang dengan melihat wisata sejarah serta wisata alam gurun pasir,” papar Hamed El-Chiaty Ketua agen perjalanan dan pariwisata termuka di Mesir, Travco Group seperti dikutip laman Arabnews, Rabu (14/3/2018).

Selain turis Inggris dan Ukraina, pasar baru lainnya yang ditargetkan Pemerintah Mesir adalah wisatawan asal Latvia, Hungry dan Lituania. “Target wisatawan negara baru itu dilatarbelakangi atas ikut sertanya Pemerintah Mesir di ITB Berlin yang baru-baru ini diadakan. Pameran wisata saat ini menghasilkan hasil yang positif,” ungkapnya.

Disisi lain, lanjut dia, pemerintah Mesir terus melakukan pembenahan obyek wisata lama agar wisatawan asing tidak bosan dengan destinasi yang ditawarkan. Dengan upaya pembenahan ini, diharapkan terjadi wisatawan kembali lagi berwisata ke Mesir.

Selain itu promosi wisata Mesir akan terus digencarkan, tidak stagnan karena cara seperti ini sangat efektif dalam mendatangkan wisatawan asing sekaligus mampu meningkatkan kunjungan yang sesuai harapan.

Tercatat ada beberapa obyek wisata di Mesir yang menjadi tujuan wisata utama bagi pelancong mancanegara. Destinasi wisata itu antara lain:

#. Gunung Sinai
(terkenal dengan sejarah Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah, yaitu 10 perintah Allah yang diberikan untuk bangsa Israel. Di puncak Sinai juga berdiri sebuah masjid dan gereja, dan banyak pendaki yang tertarik menuju puncaknya).

#. Karnak (Kompleks kuil, yaitu reruntuhan kuil, tiang-tiang dan bangunan yang lain. Situs ini menunjukkan bahwa dahulu pernah berlangsung sebuah peradaban. Ada 3 kuil utama dan banyak kuil yang berukuran kecil. Pada masa pemerintahan Firaun, Karnak dibangun sebagai tempat pemujaan).

#. Sharm el-Sheikh
(Kawasan kota wisata Mesir, banyak fasilitas hiburan dan pariwisata terdapat di sini. Posisinya yang strategis menghadap Teluk Tiran dan Teluk Aqaba, Sharm el-Sheikh bagaikan surga wisata air seperti snorkeling, scuba diving).

#. Hurghada
(Kota terletak di Laut Merah dan terkenal dengan pantainya yang indah dengan pasir putihnya. Hurghada juga menawarkan tempat-tempat wisata yang didukung fasilitas yang baik. Di Hurghada terdapat banyak resort, hotel dan penginapan. Terumbu karang Pantai Hurghada dianggap yang paling indah di dunia. Hurghada juga menjadi pusat internasional olahraga air seperti selancar angin, berlayar, menyelam)

#. Sungai Nil (Sungai terpanjang di dunia dan sangat melegenda dimana Nabi Musa pernah dihanyutkan ke Sungai Nil hingga ditemukan oleh putri Firaun. Sungai Nil adalah jantung kehidupan penduduk Mesir. Mulai dari sarana wisata, bendungan, pusat perekonomian, pertanian, perikanan, perhubungan dan lain sebagainya. Tidak salah apabila ada ungkapan yang menyebutkan, “Sungai Nil adalah hadiah untuk bangsa Mesir”.

#. Luxor
(Kota kuno di Heliopolis Selatan, di Luxor banyak terdapat situs sejarah Mesir Kuno seperti monumen kebohongan, reruntuhan kuil-kuil dan makam serta museum terbuka yang terbesar. Pariwisata menjadi tumpuan perekonomian penduduk Luxor)

#. Laut Merah (Laut Merah disebut dalam kitab suci pada saat Nabi Musa membelah Laut Merah dengan tongkatnya. Saat itu Nabi Musa dan para pengikutnya bangsa Israel melarikan diri dari kejaran Firaun. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah (Mesir) dengan Laut Mediterania. Laut Merah memiliki keanekaragaman hayati, terumbu karang, atol dan kadar garam yang tinggi. Walaupun banyak spesies berbahaya di laut Merah, tetapi tidak menyurutkan para penyelam untuk menikmati keindahannya)

#. Alexandria (Alexandria atau Al-Iskandariyya adalah kota terbesar kedua di Mesir dan salah satu kota paling terkenal di dunia. Di Alexandria terdapat sphinx dan teater Romawi kuno. The Great Lighthouse masuk dalam 7 Keajaiban Dunia. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Alexandria karena tempatnya yang sangat indah)

#. Piramid dan Sphinx (Mesir hampir identik dengan piramid dan sphinx yang dimilikinya. Ada lebih dari 80 piramid di Mesir, dan piramida yang terbesar adalah Piramida Agung Giza dan Sphinx Agung adalah shpinx yang terbesar. Di dalam piramida terdapat mumi atau jasad raja-raja yang diawetkan, sedangkan sphinx adalah patung singa berkepala manusia. Piramida dan sphinx di Mesir membuktikan struktur buatan manusia yang tertinggi di dunia yang menyimpan banyak misteri).

#. Piramida Khufu Giza.
(Dibangun dalam rentan waktu tiga generasi oleh khufu. Piramida khufu merupakan piramida terbesar di mesir dengan tinggi 139 meter, meskipun terkadang kita beranggapan piramida khafre nampak lebih besar, namun itu hanya karena letak bangunanya yang berada di lokasi lebih tinggi dari piramida Khufu. di dalam piramida biasanya terdapat mumi atau jasad para raja yang disemayamkan)

#. Siwa Oasis (Pemukiman yang terisolasi di mesir, dengan kepadatan penduduk sekitar 23.000 jiwa yang di dominasi oleh etnis berber. ini merupakan rute perdagangan penting juga sebagai tempat keteduhan bagi para pengunjung wisatawan. tempat ini lebih sejuk karena dipenuhi dengan kerindangan pohon-pohon palem dan mata air alami. lokasinya terletak di jalur perdagangan tua)

#. Valley Of the King atau Lembah Para Raja.
(Berdekatan dengan Luxor, Valley Of the King merupakan makam tempat peristirahatan terakhir bagi para Raja dan Para bangsawan istimewa kerajaan. berlangsung selama kurang lebih 500 tahun dimulai dari abad ke 16. Valley Of the King terdiri dari beberapa lubang makam dengan ukuran yang berbeda-beda, lembah ini memiliki sekitar 63 ruang dan makam. dengan dinding berhias ukiran-ukiran dari mitologi mesir kuno).

#. Museum Mesir
(Setidaknya 120 ribu barang antik mesir kuno terdapat dalam musium ini, terdapat beberapa artefak dari dua dinasti terakhir yang memerintah mesir. banyak pula yang diambil dari lembah para raja. objek makam Tutankhamen dan Royal Mummy adalah salah satunya. dimana terdapat 27 mumi di dalamnya yang berasal dari kerajaan pada zaman fir’aun). (ANC)

LEAVE A REPLY