2017, 71 Kapal Pesiar Berlabuh di Benoa

0
499
Kapal pesiar Queen Mary 2 bersandar di pelabuhan Indionesia

BENOA BALI, Bisniswisata.co.id: Sepanjang tahun 2017, jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise yang berlabuh ke Pelabuhan Benoa Bali meningkat sebesar 47% dibandingkan tahun 2017 yakni dari sebanyak 48 kapal menjadi 71 kapal.

“Hingga kini terdapat 71 kapal pesiar tercatat dalam jadwal rencana kunjungan ke Pelabuhan Benoa pada tahun ini. Kunjungan ini naik 47% dibandingkan dengan realisasi kunjungan kapal pesiar pada 2016 sebanyak 48 kapal,” papar Widyaswendra, VP Corporate Communication PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (29/03/2017).

Pelindo III, sambung dia, berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan terhadap lonjakan jumlah kunjungan kapal pesiar tersebut. “Untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap lonjakan kapal pesiar tahun ini, telah dilakukan perpanjangan dermaga timur sepanjang 50 meter, sehingga panjang dermaga timur saat ini adalah 310 meter,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya perpanjangan dermaga tersebut maka diharapkan kapal dengan panjang hingga 300 meter, dapat juga bersandar dengan baik di dermaga timur Pelabuhan Benoa. Selain peningkatan jumlah jadwal kunjungan kapal tahun ini, jumlah kedatangan kapal dan penumpang pun mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

Tercatat sampai akhir Februari 2017, Pelabuhan Benoa telah melayani sedikitnya 15 kapal pesiar dengan 10 diantaranya bersandar dan lima sisanya berlabuh. “Lima kapal yang labuh itu berkegiatan turn around dengan penumpang sebanyak 15.635 orang tiba di Pelabuhan Benoa dan berangkat sebanyak 15.699 orang,” ujarnya.

Tahun 2016, kata dia, sampai Februari 2016, Pelabuhan Benoa tercatay telah melayani 12 kapal pesiar dengan delapan diantaranya sandar, dan empat kapal berlabuh dengan dua kegiatan turn around. “Jumlah penumpang tiba mencapai sebanyak 15.026 orang, dan penumpang berangkat sebanyak 14.903 orang dari Pelabuhan Benoa,” ujarnya.

Menurutnya ke depan diharapkan jumlah kunjungan kapal pesiar maupun penumpang, akan terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan otimalisasi pelayanan terminal yang baik.

Pihaknya memperkirakan jumlah kunjungan kapal pesiar tahun ini masih bisa bertambah melalui extra call, yang biasanya terjadi setiap menjelang musim dingin di wilayan Eropa. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY